Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rupa Skuter Listrik Buatan Indonesia

Kompas.com - 24/08/2015, 18:56 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Desain skuter listrik hasil kerja sama Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai terkuak. Dari sketsa yang bisa dilihat di stan Garansindo-ITS di Indonesia International Motor Show 2015, rancangannya futuristik, tapi khas Italia dengan bodi monokok.

Desain bodi dirancang oleh Italjet, merek sepeda listrik asal Bologna, Italia. Pekan lalu, Komisaris Garasindo Budi Darmadi telah mengungkapkan, Garansindo sudah sah menjadi pemilik mayoritas saham kepemilikan Italjet.

Ada dua sketsa model, berwarna hijau dan jingga. Selain itu, ditampilkan juga gambar seperti urutan merancang desain bodi. Nama skuter listrik Garasindo ini belum diketahui. Meski begitu, purwarupa buatan ITS tanpa bodi sudah dipajang di stan.

ITS bertugas membuat desain sasis, sistem gerak, monitor kerja unit, dan melakukan pengetesan hingga versi produksi tercipta. Menurut salah satu tim peneliti ITS, Agus Mukhlisin, unit prototipe yang ditampilkan belum desain pasti, tetapi komponen-komponennya akan digunakan.

Skuter listrik Garansindo memiliki sasis tubular dengan suspensi belakang monosok. Menggunakan motor listrik bertenaga 5 KW (6,7 tk) dan torsi 15 Nm, berpendingin cair, serta bekerja dengan putaran mesin maksimum 3.000 rpm.

Agus menyebut daya jelajahnya mencapai 80 km dengan kondisi baterai terisi penuh. Pengisian baterai hingga penuh bisa dilakukan hanya 1,5 jam menggunakan daya listrik 1.500 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com