Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Garansindo Siap Meluncur, Ini Estimasi Jadwalnya

Kompas.com - 26/08/2015, 11:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Sejak pertengahan 2015, Garansindo Inter Global (GIG) telah mulai angkat bicara perihal pembuatan sepeda motor listrik. Dijelaskan, wujud model yang pertama adalah skuter listrik harga terjangkau. Unit prototipe sudah bisa dilihat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Upaya menghadirkan prototipe adalah bukti keseriusan kerja sama GIG dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Disebutkan juga, versi kedua konsep yang belum punya nama ini akan dihadirkan pada Desember 2015.

Febri Ardani/KompasOtomotif Roadmap pengembangan skuter listrik Garasindo-ITS.
Menurut data roadmap pengembangan sepeda motor listrik yang bisa disaksikan di stan Garansindo-ITS, pada 2016 akan ada dua unit purwarupa. Komponen-komponen penyusunnya sudah bisa diurai, sekaligus identifikasi penyuplai berikut dari kalangan UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk produksi massal.

Setahun kemudian dua unit purwarupa itu sudah bisa dianalisa proses manufakturnya. Garansindo sudah menyiapkan mekanisme rantai suplai komponen sekaligus menganalisa produk untuk penetrasi pasar.

Pada 2018, seluruh proses produksi sudah siap dan skuter listrik perdana hasil pengembangan Garasindo dan ITS sudah bisa dilahirkan. Strategi pasar akan ditangani Garansindo.

Febri Ardani/KompasOtomotif Prototipe perdana skuter listrik Garansindo-ITS dipamerkan di Indonesia Intenational Motor Show 2015.
Skuter motor listrik ini dijual dengan harga sekitar Rp 20-an juta. Harganya diklaim kompetitif untuk bersaing dengan skuter atau skutik konvensional yang sudah beredar di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com