Pertamina Hapus Pertamax Plus, Ini Penggantinya

Kompas.com - 27/03/2016, 10:30 WIB
Pertamina Turbo sedang jalani uji pasar di Eropa. PertaminaPertamina Turbo sedang jalani uji pasar di Eropa.
|
EditorAzwar Ferdian

Manado, KompasOtomotif – PT Pertamina (Persero) berencana hadirkan bahan bakar minyak (BBM) baru untuk Indonesia yakni Pertamax Turbo. Jika berjalan sesuai rencana, produk tersebut akan mulai dipasarkan di Indonesia pertengahan tahun ini.

BBM yang ditujukan untuk supercar atau kendaraan mewah lainnya ini, sedang dalam pengujian di Eropa. Pertamina menargetkan waktu tiga bulan uji pasar, untuk menunjukkan apakah produk ini akan hadir di Indonesia atau tidak.

“Pertamax Turbo ini punya RON 98 . Pilihan Eropa sendiri karena mobil-mobil supercar sangat banyak di sana. Saat ini baru sekitar dua minggu berjalan, dan kira-kira tiga bulan lagi, saya akan urus izinya untuk peluncuran di sini. Kami bisa berhasil jual 5.000 liter sebulan di Eropa, itu bagus,” ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Sabtu (26/3/2016).

Untuk pasar Eropa, kata Ahmad, Pertamax Turbo dijual 1 dollar AS per liter, sudah dengan pajak. Namun di Indonesia, para konsumen hanya harus menebusnya Rp 10.000-an.

Pertamax Plus dihapus

Ahmad melanjutkan, saat ini Pertamina memiliki Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing. Nantinya jika Pertamax Turbo hadir di Indonesia, maka Pertamax Plus akan dihilangkan.

“Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Jadi tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,” ujar Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.