Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan BBM ke Wakatobi Semakin Lancar

Kompas.com - 26/03/2016, 07:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Wakatobi, KompasOtomotif – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region VII mengoperasikan Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) Fajar Mekar 1, di wilayah kepulauan Wakatobi. Ini dilakukan untuk mengefisiensi dan memperlancar proses distribusi bahan bakar minyak (BBM).

Sebelumnya, penyaluran BBM ke wilayah tersebut dilakukan dengan beberapa moda angkutan. Seperti dimulai dari terlebih dahulu dari terminal kemudian ke mobil tangki, lantas dipindahkan ke drum yang diangkut kapal kayu.

"Dengan penggunaan kapal SPOB ini, pengiriman BBM di wilayah Wakatobi menjadi lebih efisien serta meningkatkan kepuasan konsumen dan aspek keamanan," ujar Tengku Badarsyah, General Manager Marketing Operation Region VII Sulawesi Pertamina dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Jumat (25/3/2016).

Badarsyah melanjutkan, pengiriman secara konvensional tersebut dapat berpotensi kerugian. seperti terbuangnya waktu, keamanan (safety),  dan penguapan bahan bakar.

“Penggunaan kapal SPOB tersebut, membuat proses loading menjadi lebih cepat, karena dapat langsung dilakukan backloading ke kompartemen kapal dari terminal BBM Baubau. Di samping itu, pengurangan tahap proses pengisian berpengaruh pada losses (berkurangnya volume), yang berarti dapat meningkatkan customer satisfaction konsumen,” tutur Badarsyah.

Kapal SPOB Fajar Mekar 1 berkapasitas 100 kilo liter (KL), dan akan digunakan untuk menyuplai BBM di enam agen penyalur minyak dan solar (APMS), yang tersebar di empat pulau besar di Kepulauan Wakatobi dari Terminal BBM Baubau. Konsumsi rata-rata BBM per bulan di daerah tersebut sebesar 320 KL Premium, 80 KL Solar dan 60 KL Pertamax.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com