Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Supercar" Honda NSX Masuk Jalur Produksi

Kompas.com - 19/03/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Ohio, KompasOtomotif
– Kabar baik bagi datang dari pabrikan mobil Honda. Sebab, bulan depan, supercar NSX mulai masuk jalur produksi massal di Performance Manufacturing Center (PMC), Marysville, Ohio, Amerika Serikat (AS).

Fasilitas perakitan yang baru berdiri itu mempekerjakan 100 orang dan semuanya fokus merakit hanya untuk NSX, demikian dilansir laman Carscoops, Sabtu (19/3/2016).

“Semua pemikiran inovatif dan kerja keras ditumpahkan untuk membangun fasilitas produksi yang canggih ini. Fasilitas ini telah memenuhi tujuan kami untuk memproduksi supercar di AS,” ungkap Clement D’Souza, Kepala Insinyur PMC.

Proses perakitannya tidak semua dilakukan di PMC. Mesin V6, twin-turbo yang tersemat di balik kap akan diproduksi di pabrik mesin Honda yang tempatnya tidak berjauhan dengan pembuatan bodi.

Menariknya, setiap unit mesin dirakit secara manual oleh beberapa master, sehingga satu unit jantung pacu membutuhkan waktu enam jam.

Setelah semuanya selesai, mobil super itu akan diuji jalan 240 km. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada cacat dan tiba ke pemilik dengan kondisi normal.

Khusus konsumen di AS, pengiriman dimulai setelah beberapa pekan diproduksi. Tetapi, untuk Eropa harus sedikit bersabar, sebab baru dikirim saat musim gugur tahun ini.

Carscoops Produksi Honda NSX di Performance Manufacturing Center (PMC) in Marysville, Ohio, Amerika Serikat (AS).

Dimensi

NSX ini diikembangkan di Pusat R&D Honda America di Ohio. Dimensi versi produksi ini dibanding model konsep, bertambah panjang 4,5 cm menjadi 4,47 m, lebar 12,9 cm menjadi 1,94 m, dan tinggi 4,5 cm menjadi 1,215 m. Sedangkan wheelbase memanjang sekitar 2 cm menjadi 2,63 m.

Jarak sumbu roda yang cukup panjang dirancang untuk memaksimalkan stabilitas sehingga mampu bermanuver dengan baik. Bahkan diklaim untuk sektor aerodinamis sudah dilakukan penyempurnaan sehingga dapat menghadirkan daya tekan yang baik.

Sumber tenaga dihasilkan mesin Sport Hybrid All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) yang didukung tiga motor listrik berperforma tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com