Ducati dan Lamborghini Jadi "Tumbal Dieselgate" VW?

Kompas.com - 05/03/2016, 11:39 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Ingolstadt, KompasOtomotif
– Akhir tahun lalu sempat beredar kabar kalau Volkswagen (VW) bakal menjual beberapa merek di bawah naungannya untuk memperoleh dana segar. Saat itu, Ducati dan Lamborghini yang disebut-sebut akan dilego untuk menutupi pembayaran kampanye penarikan kembali (recall), terkait skandal dieselgate di Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir laman Reuters, Sabtu (5/3/2016), Chief Executive Audi Rupert Stadler menyatakan, bahwa kedua merek tersebut tidak akan dijual untuk menutupi biaya yang harus dikeluarkan VW dalam skandal diesel di Amerika Serikat (AS).

“Kedua merek itu masih dan tetap milik kami. Masa depan kedua merek itu sangat baik,” kata Stadler di Ingolstad, Jerman, Kamis (3/3/2016).

Kampanye recall itu berawal dari kecurangan VW memasangkan perangkat lunak di mesin diesel EA 189 dan tercium oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (Environmental Protection Agency/EPA). Saat diuji, terutama ketika mobil dikemudikan normal kadar emisi nitrogen oxides (NOx) berubah menjadi 40 kali lebih tinggi dari seharusnya.

Mulai Januari 2016, VW mulai melakukan perbaikan pada 11 juta unit kendaraan yang bermasalah di seluruh dunia. VW menargetkan semua bisa selesai dalam satu tahun kedepan.

Tetapi, dalam mengganti perangkat lunak pada seluruh kendaraan, VW harus menyiapkan dana ekstra besar. Tetapi, semuanya sudah didapat dan tidak perlu menjual salah satu merek yang ada di bawah naungannya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.