Perhatikan, Urutan Mengganti Ban Mobil!

Kompas.com - 01/02/2016, 17:46 WIB
Proses penggantian ban. Febri Ardani/KompasOtomotifProses penggantian ban.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Satu hal yang paling tidak disukai kebanyakan pengendara mobil yakni mengganti ban karena kempis atau bocor. Selain melelahkan, proses penggantiannya juga makan waktu lama jadi bisa menunda kepentingan lainnya.

Maka itu setiap pengendara wajib memahami seluruh prosedur penggantian ban dengan cadangan agar tidak terlalu banyak buang tenaga dan cepat dilakukan. Pengetahuan dasar seperti di mana posisi dongkrak, ban cadangan, dan kunci-kunci, juga bisa mempermudah prosesnya.

Berikut urutan dasar mengganti ban, hasil dari keterangan Teknisi Nissan dan Datsun Matheus Prima:

Febri Ardani Tumpuan dongkrak bagian ban depan kanan pada mobil monokok, Datsun GO , terletak di bagian bawah dekat pintu. Cari posisi panel bodi yang berbentuk dua lekukan seperti pada gambar, lalu letakan kepala dongkrak di antaranya.
1. Posisikan mobil di tempat datar dan tidak licin.

2. Aktifkan rem parkir lalu pasang posisi gigi di “P” (Park) untuk transmisi otomatis atau gigi mundur buat transmisi manual. Selain itu pastikan semua penumpang turun dari mobil dan jangan nyalakan mesin selama proses pendongkrakan.

3. Keluarkan ban cadangan dari tempat penyimpanannya, lantas cek kondisinya terutama tekanan angin. Keluarkan juga kunci pembuka baut pelek.

4. Kendurkan semua baut pelek pada ban yang mau diganti sebanyak satu atau dua putaran ke arah kebalikan putaran jarum jam. Jangan sampai baut terlepas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5. Posisikan kepala dongkrak pada titik tumpuan yang pas, lokasinya bisa dicek di buku panduan mobil atau pada tautan ini. Kemudian jungkitkan mobil menggunakan dongkrak hingga ban terangkat.

6. Buka semua baut dan ban. Pastikan saat meletakan ban bagian pelek berada di atas agar tidak rusak.

7. Pasang ban cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.