Biar Tidak Capek, Ini Cara Mendongkrak yang Tepat

Kompas.com - 01/02/2016, 16:06 WIB
Tumpuan dongkrak bagian ban depan kanan pada mobil monokok, Datsun GO , terletak di bagian bawah dekat pintu. Cari posisi panel bodi yang berbentuk dua lekukan seperti pada gambar, lalu letakan kepala dongkrak di antaranya. Febri ArdaniTumpuan dongkrak bagian ban depan kanan pada mobil monokok, Datsun GO , terletak di bagian bawah dekat pintu. Cari posisi panel bodi yang berbentuk dua lekukan seperti pada gambar, lalu letakan kepala dongkrak di antaranya.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Mendongkrak mobil untuk mengecek kondisi kaki-kaki atau dalam keadaan darurat saat berkendara adalah pekerjaan melelahkan. Salah satu poin terpenting yang perlu diketahui agar proses berjalan lancar tanpa membuang tenaga percuma yaitu menentukan posisi tumpuan dongkrak yang tepat.

Pada mobil produksi massal, titik tumpuan sudah ditentukan dari pabrik. Bentuknya bisa lekukan atau lubang yang jadi pegangan kepala dongkrak. Desainnya sudah dicocokan dengan bentuk kepala dongkrak bawaan mobil jadi pengoperasiannya lebih mudah.

Teknisi Nissan dan Datsun Matheus Prima, Kamis (28/1/2016), mengatakan, hal mendasar yang membedakan posisi titik tumpuan dongkrak yaitu jenis struktur mobil, monokok (unibody) atau body-on-frame (sasis).

Febri Ardani Pada Datsun GO dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yang menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan sudah didesain untuk kepala dongkrak bawaan mobil.
Pada model sedan, mobil kota, MPV, dan crossover, kebanyakan menggunakan bodi monokok. Artinya bodi dirancang menempel dengan sasis. Maka itu titik penyokong untuk menjungkit mobil bisa dilakukan di pelat bodi bagian bawah dekat pintu. Umumnya lokasi tumpuan itu tidak dicat jadi mudah dibedakan dengan bagian bodi lain.

Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).
Sedangkan pada tipe sasis biasanya ditemui pada mobil jenis SUV, pikap, dan truk. Sama seperti monokok, titik mengumpil mobil yang pas sudah ditentukan. Untuk bagian depan, di bagian cross member (bagian rangka penopang mesin) sedangkan di belakang pada rumah axle.

Febri Ardani Posisi dongkrak pada pikap Nissan NP 300 Navara di bagian "crossmember" (rangka penopang mesin).
Hal lain yang perlu diketahui, fungsi dongkrak sebagai penjungkit bukan penopang mobil, bila ingin ditinggal lama gunakan jackstand mengganti dongkrak. Selain itu gunakan satu dongkrak untuk mengangkat satu ban. Keterangan lebih detail soal pendongkrakan sesuai dengan model mobil bisa dilihat di buku panduan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.