Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Konsumen Fortuner Bergeser di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2016, 07:03 WIB

Yogyakarta, KompasOtomotif - Setelah peluncuran generasi terbaru Toyota Fortuner di Jakarta, pekan lalu, banyak yang menganggap karakter mobil ini berubah. Kesan tangguh yang selama ini melekat di sport utility vehicle (SUV) menengah ini dianggap mulai luntur.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, dari survei yang dilakukan pihak internal perusahaan, memang terjadi pergeseran keinginan konsumen.

"Kalau dulu, sekitar 60 persen konsumen Fortuner sukanya pada kesan tough, tetapi sekarang lebih ke arah emosional, pride, dan comfort, tentunya," ucap Henry di Yogyakarta, Kamis (28/1/2016) malam.

Berdasarkan masukan dari konsumen ini, kemudian generasi terbaru Fortuner mengalami ubahan besar-besaran. Mulai dari desain tampilan, level kenyamanan interior, dan teknologi baru yang ada mulai dari mesin, dan tambahan kelengkapan fitur penunjang.

Penjualan

Henry melanjutkan, sejak diluncurkan, Fortuner mendapat respons yang positif dari konsumen. Total pesanan kendaraan yang masuk (surat pemesanan kendaraan/SPK) sudah tembus 1.700 unit, sejak peluncuran perdana, Jumat (22/1/2016). Sesuai prediksi, tipe VRZ bakal jadi yang terlaris bagi konsumen ketimbang tipe lainnya.

Dari total peluncuran serentak di 16 kota besar di Indonesia, ada 10 (kota) yang responsnya sangat positif. "DI surabaya misalnya, jumlah pesanan yang masuk sampai kemarin sudah 500 unit, padahal biasanya cuma jualan 200-300 unit per bulan. Diler Nasmoco (Jawa Tengah), sudah menerima pesanan 120-130 unit, padahal rata-rata sebelumnya cuma 70-80 unit per bulan," kata Henry.

Dengan animo yang besar ini, maka Henry mengaku, pihak perusahaan tengah berusaha agar masa tunggu konsumen terhadap kertersediaan produk tidak terlalu lama. "Ini yang lagi kita kordinasikan dengan pabrik, supaya jangan teralu lama menunggu konsumen," kata Henry lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau