Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringkasan Biaya Bikin Supermoto Paket Lengkap

Kompas.com - 08/01/2016, 11:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memodifikasi sepeda motor biasa atau trail menjadi supermoto sama halnya dengan merombak kendaraan apa pun. Tidak ada batas atas dana yang dibutuhkan agar menjadi seperti yang diiinginkan. Semakin dituruti, semakin kurang lengkap.

KompasOtomotif sudah mengungkap biaya minimal untuk merombak sepeda motor jenis supermoto [Baca: Paket Hemat Bikin Supermoto]. Setelah target minimal ini tercapai, sampailah pada tahap berikutnya, mewujudkan supermoto ideal seperti yang sering dilihat di berbagai ajang balap supermoto Eropa.

Penggantian ban dan pelek saja dengan bujet Rp 5 jutaan memang sudah bisa dibilang supermoto. Namun jika ini dirasa kurang, Lerry Rahmat Rizky, pemilik bengkel modifikasi CAOS Custombike di Pancoran Barat, Jakarta, menyarankan langkah selanjutnya adalah mempercantik kaki.

”Biasanya ganti swing arm (lengan ayun). Siapkan Rp 3-5 juta. Lalu ganti sokbreker depan dengan model upside down, biayanya Rp 5-8 juta,” ucap Lerry di bengkelnya, (6/1/2016).

Urusan kaki-kaki beres. Jika kurang puas, saran Lerry, mulai menggunakan aksesori penting. Misalnya, ganti setang, atau knalpot. Setang ada di kisaran Rp 300.000 hingga Rp 1 jutaan.

Lalu knalpot, kalau ingin yang murah, pilih merek lokal macam Norifumi atau Pro Speed dengan banderol Rp 2-4 jutaan. Kurang puas, ada merek-merek ternama seperti FMF, 2Brother, Hero, Pro Circuit, sampai Akrapovic yang banderolnya minimal Rp 5 juta, hingga paling mahal di atas Rp 10 juta.

Selebihnya, pemasangan aksesori tambahan macam lampu, bodi-bodi, atau spion dan lainnya. Total biaya minimal paling murah untuk paket lengkap ini adalah Rp 20 jutaan, belum termasuk ongkos pengerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com