Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Plat Nomor "Menyala" Menjamur Lagi

Kompas.com - 27/12/2015, 13:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu modifikasi paling gampang dan sekarang menjadi tren adalah memasang rumah pelat nomor dengan pencahayaan khusus. Selain menambah estetika, langkah ini juga tergolong murah dan pengerjaannya bisa ditunggu.

Seperti yang terjadi di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur. Beberapa toko aksesori tak pernah putus kebanjiran order memasang aksesori ini. Dalam sehari, satu toko bisa memasang dua atau tiga mobil baru yang ingin pelat nomornya bercahaya di malam hari.

”Sebenarnya sudah lama (tren memasang pelat nomor dengan pencahayaan khusus), tapi belakangan booming lagi. Kebanyakan mobil baru, beberapa hari dari diler, dibawa ke sini buat pasang aksesori dulu,” kata Heri, pemilik toko The Art of Sound di sentra otomotif itu.

Keahlian Khusus

Kendati demikian, buat toko aksesori, memasang komponen aftermarket ini susah-susah gampang. Butuh ketelitian dan keahlian khusus, terutama menyambungkan kabel-kabel untuk disesuaikan dengan lampu rem atau lampu malam.

Ciri khas aksesori ini, di bagian pelat nomor depan akan menyala sepanjang lampu senja atau lampu utama dinyalakan. Sedangkan di bagian belakang, pendaran cahaya rumah pelat nomor akan berubah jadi merah saat pengemudi menginjak lampu rem.

Pelat terlebih dahulu dicat hitam, lalu huruf-huruf dan angka diberi stiker yang bisa memendarkan cahaya. Sementara bagian pinggiran rumah lampu sudah dikelilingi LED. Memasang aksesori ini, cukup sediakan sekitar Rp 250 ribu, satu set depan-belakang, termasuk ongkos pasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com