Kompas.com - 27/12/2015, 13:19 WIB
Rumah pelat nomor menyala, kembali jadi tren. KompasOtomotif-Donny AprilianandaRumah pelat nomor menyala, kembali jadi tren.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu modifikasi paling gampang dan sekarang menjadi tren adalah memasang rumah pelat nomor dengan pencahayaan khusus. Selain menambah estetika, langkah ini juga tergolong murah dan pengerjaannya bisa ditunggu.

Seperti yang terjadi di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur. Beberapa toko aksesori tak pernah putus kebanjiran order memasang aksesori ini. Dalam sehari, satu toko bisa memasang dua atau tiga mobil baru yang ingin pelat nomornya bercahaya di malam hari.

”Sebenarnya sudah lama (tren memasang pelat nomor dengan pencahayaan khusus), tapi belakangan booming lagi. Kebanyakan mobil baru, beberapa hari dari diler, dibawa ke sini buat pasang aksesori dulu,” kata Heri, pemilik toko The Art of Sound di sentra otomotif itu.

Keahlian Khusus

Kendati demikian, buat toko aksesori, memasang komponen aftermarket ini susah-susah gampang. Butuh ketelitian dan keahlian khusus, terutama menyambungkan kabel-kabel untuk disesuaikan dengan lampu rem atau lampu malam.

Ciri khas aksesori ini, di bagian pelat nomor depan akan menyala sepanjang lampu senja atau lampu utama dinyalakan. Sedangkan di bagian belakang, pendaran cahaya rumah pelat nomor akan berubah jadi merah saat pengemudi menginjak lampu rem.

Pelat terlebih dahulu dicat hitam, lalu huruf-huruf dan angka diberi stiker yang bisa memendarkan cahaya. Sementara bagian pinggiran rumah lampu sudah dikelilingi LED. Memasang aksesori ini, cukup sediakan sekitar Rp 250 ribu, satu set depan-belakang, termasuk ongkos pasang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.