Kompas.com - 21/12/2015, 10:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif - Jaminan kepuasan pada bengkel resmi Nissan-Datsun tak hanya diperoleh dari usaha meningkatkan skill mekanik dan service advisor. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga melengkapinya dengan peralatan canggih sebagai jaminan deteksi kerusakan pada mobil Nissan dan Datsun.

Seperti yang tampak pada kontes mekanik Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) di diler Nissan-Datsun Gading Serpong, BSD, Tangerang, Sabtu (19/12/2015). Semua teknisi finalis dihadapkan dengan alat yang disebut Consult 3+ untuk memecahkan masalah pada mobil.

Menurut Teddy Irawan, Vice President, After-Sales, TCS, Product Planning NMI, alat ini sudah ada di bengkel resmi, pemecah masalah semua yang berhubungan dengan elektrikal. "Sejak dulu ada alat ini, cuma versinya dinaikkan terus. Sekarang lebih detail," ujar Teddy.

Teddy mencotohkan, jika dulu cuma bisa mendeteksi kerusakan, sekarang sudah bisa menelusuri. Misalnya menyalakan electric fan mesin, dari program canggih ini sudah bisa dilakukan. Semua yang berhubungan dengan ECU akan bisa ditelusuri.

"Semua mobil zaman sekarang yang sudah injeksi sudah seharusnya bisa dideteksi dengan alat ini," kata Teddy.

Sementara jika ada kerusakan mekanikal yang tidak bisa dideteksi dari komputer, Teddy mengatakan, sudah ditangani lewat servis rutin.

Saat ini, NMI mempunyai teknisi sejumlah 1.900-an orang se-Indonesia. Lalu, ada 2.100-an orang sales person (pramuniaga), dan 300-an orang service advisor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.