Generasi Baru Innova Datang Terlambat

Kompas.com - 25/11/2015, 14:32 WIB
Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota di Karawang I di Karawang, Jawa Barat. Febri Ardani/KompasOtomotifToyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota di Karawang I di Karawang, Jawa Barat.
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Butuh 11 tahun sampai akhirnya Toyota melahirkan generasi baru Kijang Innova pada 23 November 2015. Waktu itu terasa sangat lama pasalnya di kebanyakan model, siklus pembaruan “semua baru” diterapkan sekitar lima tahun sekali.

Generasi pertama Innova meluncur pada 2004 saat Indonesia telah diputuskan Toyota Motor Corporation (TMC) terlibat dalam pengembangan proyek International Multi-purpose Vehicle (IMV). Nama Kijang melekat pada Innova sebab pertimbangannya saat itu citra “Kijang” lebih dikenal ketimbang Toyota.

Direktur Technical Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Yui Hastoro menjelaskan, pengembangan Innova generasi kedua sangat terkait dengan TMC di Jepang. Masalahnya, Innova hanyalah salah satu dari banyak model yang juga minta perhatian.

“Harusnya bisa sebelumnya. Terlambat karena man hour (jam kerja) pengembangan di Jepang terbatas sebab alokasi mereka ke seluruh dunia,” jelas Yui.

Dimulai 2011

Di Indonesia, pengembangan Innova terbaru telah dilakukan sejak 2011. Yui bercerita saat itu versi mock-up sudah jadi kemudian prototipe dibuat dengan spesifikasi baru tapi tetap menggunakan bodi model lama.

“Diuji di Indonesia 2012 sudah mulai,” kata Yui.

Yui mewakili TMIIN bersama perwakilan tim product planning dari Toyota Astra Motor akhirnya diundang ke Jepang untuk finalisasi produk sebelum “lampu hijau” tanda oke diproduksi dinyalakan.

“Kita melihat dari pandangan produksi, kalau orang TAM dari pasar,” papar Yui.

Hasilnya seperti bisa kita lihat sekarang, All-New Innova datang mengusung konsep modern baik dari desain ataupun teknik pembuatan. Innova kini telah berubah 95 persen dari generasi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.