Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova Resmi Jalani Debut Dunia dari Senayan

Kompas.com - 23/11/2015, 14:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
- Toyota All-New Kijang Innova akhirnya resmi diluncurkan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2014). Sang legenda kini lahir kembali, berubah hampir 100 persen dari generasi sebelumnya.

Model ini generasi kedua Innova atau generasi keenam Kijang yang lahir pada 1977. Rancangan All-New Kijang termasuk bagian pengembangan International multi-purpose vehicle (IMV) yang dipimpin oleh bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima.

"Sejak 1977 Kijang telah membentuk otomotif Indonesia. Kami optimis Innova baru meneruskan cerita itu," ujar Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui, dalam kata sambutannya.

Wakil Presiden TAM yang baru, Henry Tanoto, menambahkan, legenda Kijang tidak lepas dari lima generasi sebelumnya. Total penjualannya sudah mencapai 1,6 juta unit di Indonesia dan pada Agustus lalu prestasinya membanggakan dengan meraup pangsa pasar 92,8 persen.

"Hal ini membuktikan Kijang sangat diterima di indonesia atau yang sering kita dengar 'Kijang tiada duanya'. Kami mempertahankan DNA Innova yang legendsaris tapi di saat yang sama kami harus memberikan hal baru untuk pelanggan," papar Henry.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima.

Tangguh

Segala perubahan pada Innova terbaru mendefinisikan kembali arti kata tough (tangguh), jelas Nakajima. Pengembangannya dilakukan dari hasil riset dan merasakan kondisi jalan-jalan di berbagai negara, terutama Indonesia.

"Tentu inilah apa yang kamu maksud dengan konsep tough. Untuk mencapai konsep itu kami melakukan banyak pengetesan di beragam jalan, kondisi, dan lingkungan di berbagai bagian dunia," papar Nakajima.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, All-Innova menggunakan sasis baru dengan dua pilihan mesin baru. Keduanya adalah bensin 1TR-FE 1.998 cc dengan teknologi dual VVT-i seperti Grand New Avanza dan diesel 2GD-FTV 2.393 cc dengan variable nozzle turbo (VNT).

Mesin bensin bertenaga 139 PS dan torsi 18,7 kgm sedangkan diesel 149 PS dan torsi 34.9 kgm. Terdapat dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan  sequential shift matic.

All-New Innova juga dibekali fitur baru Drive Mode yang terdiri dari Normal, Eco, dan Power. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com