Toyota Indonesia Mau Ekspor Fortuner ke Australia

Kompas.com - 17/11/2015, 11:09 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membidik Australia jadi salah satu pasar ekspor. Rencana ini bagian pengembangan perluasan kawasan ekspor yang selama ini didominasi Timur Tengah.

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN I Made Dana Tangkas di Karawang, Jawa Barat, Senin (16/11/2015), menjelaskan sekitar 70 persen ekspor kendaraan Toyota Indonesia menuju Timur Tengah. Negara yang paling banyak menyerap adalah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Gejolak ekonomi dunia memengaruhi perekonomian di Timur Tengah yang mengandalkan sumber daya alam minyak bumi. Masalah makro itu dianggap berdampak pada pelemahan pasar otomotif.

Made Dana mengatakan Australia jadi salah satu target potensial untuk menutupi pasar lain yang melambat. Peluang makin besar menilai keputusan penutupan pabrik Toyota di negara benua itu pada 2017.

“Kami ingin mencoba memasukan Fortuner,” kata Made Dana.

Meski begitu diucapkan, strategi ini masih studi. Keputusannya akan dibicarakan lagi ditimang dari perjanjian free trade agreement antara pemerintah Indonesia dengan Australia.

Fortuner diproduksi di Indonesia di plant I milik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, bersama Innova. Pabrik itu sekarang fokus memproduksi generasi kedua Innova, namun persiapan mencetak massal All-New Fortuner juga sedang dilakukan,

Pertengahan tahun ini All-New Fortuner meluncur untuk pertama kalinya di Australia. Tapi pasokan unit justru diambil dari Thailand. Di masa depan, dinilai dari geografi, bisa jadi pengiriman unit ke Australia lebih mudah dari Indonesia ketimbang Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.