Nissan Ikut Ucapkan “Sayonara Inflator Airbag Takata”

Kompas.com - 09/11/2015, 16:30 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Tokyo, KompasOtomotif
– Satu per satu produsen otomotif asal Jepang menyatakan tidak akan menggunakan inflator airbag (kantung udara) dari Takata pada mobil barunya. Setelah, Honda, Mazda dan Toyota, kini Nissan ikut menyatakan hal yang serupa.

“Kami telah memutuskan untuk tidak menggunakan inflator airbag Takata yang mengandung ammonium nitrat di model masa depan kami,” ujar Nissan dalam keterangan resmi yang ditulis Reuters, Senin (9/11/2015).

Keputusan tersebut diambil Nissan karena pabrikan mobil asal Jepang ini ingin mengutamakan keselamatan dan keamanan pelanggannya. “Secepatnya kami akan tetap mengganti inflator airbag Takata yang sudah ada di tangan pelanggan kami,” katanya.

Pekan ini, Nissan juga berencana melakukan pemeriksaan ulang seluruh kendaraannya yang masih menggunakan airbag Takata. Nissan ingin memastikan bahwa tidak ada lagi model bermasalah.

Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) sendiri mengklaim, bahwa inflator kantung udara Takata mengandung ammonium nitrat dan membahayakan penumpang atau pengemudi jika terjadi tabrakan. Karena, saat airbag mengembang banyak pecahan-pecahan yang mampu membuat cidera manusia.

Buktinya sudah terjadi kasus delapan konsumen Honda yang meninggal dunia akibat inflator airbag Takata di Amerika Serikat (AS) lebih dari 100 orang mengalami luka-luka. Kurang lebih ada 30 juta unit mobil yang harus ditarik kembali (recall) di seluruh dunia sejak 2008 silam dari berbagai merek termasuk Nissan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.