Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Kabin Honda BR-V Senyap, Ini Rahasianya

Kompas.com - 28/10/2015, 09:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtomotif – Salah satu impresi menarik saat intim mengenali Honda BR-V adalah kesenyapan kabinnya. Ketika dites media se-Asia Oseania di area khusus seputaran Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa (27/10/2015), SUV generasi baru 7-penumpang itu memberikan kesan nyaman digeber dan melaju di aspal berkat faktor kekedapan suara.

Apa rahasianya? KompasOtomotif teringat penjelasan Atsushi Arisaka, Chief Engineer Honda R&D Asia Pacific-Large Project Leader Honda BR-V, dalam presentasi sebelum dimulai tes. ”Ada setidaknya enam faktor yang membuat kabin Honda BR-V terasa nyaman, paling kedap di kelasnya,” kata Arisaka-san.

Faktor pertama adalah improvisasi pada struktur bodi yang bisa menyerap getaran dan suara lebih baik. Hal itu didukung dengan inovasi pada setir. Bagian ini juga didesain sedemikian rupa sehingga minim getaran. Arisaka menyebut, getaran-getaran yang kadang kurang diperhatikan ini menyumbang cukup banyak noise pada kabin.

Selanjutnya, Honda juga memberi lapisan-lapisan khusus peredam (insulator) pada pintu-pintu, sama seperti yang diterapkan pada pintu belakang. Proses ini juga dilakukan untuk kap mesin yang kerap menyumbang banyak suara masuk ke kabin berupa raungan.

Belum cukup, Honda menambah insulator lain pada atap bagian bawah. Tak hanya menangkal suara, saat hujan pun lapisan ini akan mengurangi bunyi gemercik air. Itu pun masih ditambah dengan lapisan karpet khusus peredam pada lantai.

”Kekedapan kabin menjadi perhatian khusus, karena salah satu faktor kenyamanan mengendarai mobil adalah suasana tenang di dalam kabin,” kata Arisaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com