Kompas.com - 09/10/2015, 07:32 WIB
Sonic 150R ditawarkan dalam empat pilhan warna berbeda, salah satunya Neo Magenta yang menarik perhatian. Otomania/Ghulam/AgungKSonic 150R ditawarkan dalam empat pilhan warna berbeda, salah satunya Neo Magenta yang menarik perhatian.
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Meski kondisi pasar sepeda motor nasional lagi lesu, tapi persaingan antara merek anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) masih sengit. Paling menarik saat ini adalah memperhatikan segmen yang lagi banyak di sorot, yakni bebek sport kelas 150 cc.

Berkat peluncuran model terbaru Honda Sonic 150R oleh PT Astra Honda Motor (AHM), awal Agustus lalu, persaingan di segmen yang tadinya minim pilihan jadi mulai memanas. Suzuki yang beberapa tahun terakhir memasarkan Satria FU di segmen bebek sport ini praktis menikmati pasar sendirian.

Mengacu fakta pada data AISI, dua bulan pertama penjualan Honda Sonic langsung menunjukan angka yang menjanjikan, cukup untuk membuat Suzuki berfikir panjang. September lalu, Honda berhasil menjual 7.136 unit Sonic 150R, hanya terpaut tipis dibandingkan Suzuki yang menjual Satria FU 7.588 unit.

Memang kalau membandingkan penjualan kedua model yang menawarkan konsep desain sama yang kerap dijuluk "Ayam Jago" ini sejak Januari tidak adli. Pasalnya, Honda baru menjual Sonic mulai Agustus. Sementara Suzuki sudah memasarkan FU sejak awal tahun karena bukan model baru.

Nah, dalam dua bulan pertama pemasarannya (Agustus dan September 2015), Honda Sonic 150R tercatat sudah berhasil terjual 15.549 unit. Sementara dibandingkan periode bulan yang sama, Suzuki Satria FU menjual 16.280 unit. Di satu sisi Suzuki mau tetap mempertahankan dominasinya sebagai raja  "ayam jago" sedangkan Honda berniat mencuri posisi puncak dari rivalnya.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Akselerasi di putaran bawah sangat baik.

Yamaha Mendominasi

Seolah tidak tersentuh, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus melenggang dengan model andalannya, MX-King di segmen bebek 150 cc. Bebek bertuas kopling ini masih mendominasi penjualan di segmen ini dengan torehan 12.247 unit pada September lalu. Kalau di bandingkan dua bulan, sama seperti kasus Sonic Vs Satria di atas, maka total penjualan MX-King sudah mencapai 25.119 unit (Agustus-September 2015).

Dengan hasil ini, otomatis Yamaha sebenarnya yang jadi jawara bebek sport 150 cc di pasar sepeda motor nasional.

Sepanjang Januari-September 2015, penjualan bebek di Indonesia tercatat 649.560 unit atau mencakup 13,4 persen terhadap total pasar yakni, 4.821.191 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.