Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia dengan Taksi ”Jadul” Blue Bird

Kompas.com - 18/09/2015, 16:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Blue Bird membawa jalan-jalan Holden Torana LJ Series untuk beranjak dari ”kediamannya” di Museum Transportasi Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah. Model untuk taksi meter pertama Blue Bird itu ditampilkan dalam Pameran Transportasi Indonesia yang diselenggarakan di Gedung Smesco, Jakarta, 16-18 September 2015.

”Ini perdana kami tampilkan di depan publik di luar museum. Tujuannya supaya orang mengetahui sejarah Blue Bird sebagai perusahaan penyedia transportasi di Indonesia,” ujar Harli Satria, Marketing Communication Blue Bird, kepada KompasOtomotif, (18/9/2015).

Menurut Harli, mobil yang diimpor dari Australia itu adalah replika dan dikondisikan saat menjadi taksi pada 1972. Saat itu, Mutiara Fatimah Djokosoetono ingin mengubah status usaha Chandra Taksi yang melayani jasa persewaan mobil sebagai taksi. Holden dipilih karena mobil Jepang belum sepopuler saat ini.

KompasOtomotif-donny apriliananda Interior Holden Torana taksi untuk armada Blue Bird pada 1970-an.
Sekilas, Holden Torana yang disulap menjadi taksi ”jadul” itu masih sangat mulus. Lampu-lampu lengkap, juga emblem pada bodi belakang yang bertuliskan ”Torana”.  ”Lampu atap dengan tulisan ’taksi’ diambil dari aslinya, dibersihkan, dan dipasang lagi,” kata Harli.

Di pameran ini, pengunjung boleh masuk untuk melihat kondisi interiornya. KompasOtomotif pun coba masuk dan mengondisikan sedang berada di masa lalu. Jok sederhana, bahkan bagian depan tidak ada pemisah konsol. Bau khas mobil tua langsung menyergap, tapi masih terasa sisa-sisa kemewahannya.

KompasOtomotif-donny apriliananda Mobil direkondisi agar menyerupai unit asli.
Di zamannya, tidak ada teknologi power steering dan pendingin kabin. Menariknya, Blue Bird juga memasang alat komunikasi plus alat penghitung biaya perjalanan (argometer). ”Dulu disebut argo jewer, untuk menyalakannya diputar dan dijewer dulu,” jelas Harli.

Dari data spesifikasi, mobil ini cukup bisa diandalkan. Mesinnya 6-silinder 2.834cc. Tenaga maksimal setara 119 tk @4.400 rpm dan torsi maksimal yang besar, 226,8 Nm @ 2.000 rpm.

Mobil-mobil Holden Torana Blue Bird itu dinyatakan pensiun pada 1978 untuk digantikan mobil-mobil baru yang sifatnya sebagai peremajaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com