Kompas.com - 18/09/2015, 16:48 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Blue Bird membawa jalan-jalan Holden Torana LJ Series untuk beranjak dari ”kediamannya” di Museum Transportasi Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah. Model untuk taksi meter pertama Blue Bird itu ditampilkan dalam Pameran Transportasi Indonesia yang diselenggarakan di Gedung Smesco, Jakarta, 16-18 September 2015.

”Ini perdana kami tampilkan di depan publik di luar museum. Tujuannya supaya orang mengetahui sejarah Blue Bird sebagai perusahaan penyedia transportasi di Indonesia,” ujar Harli Satria, Marketing Communication Blue Bird, kepada KompasOtomotif, (18/9/2015).

Menurut Harli, mobil yang diimpor dari Australia itu adalah replika dan dikondisikan saat menjadi taksi pada 1972. Saat itu, Mutiara Fatimah Djokosoetono ingin mengubah status usaha Chandra Taksi yang melayani jasa persewaan mobil sebagai taksi. Holden dipilih karena mobil Jepang belum sepopuler saat ini.

KompasOtomotif-donny apriliananda Interior Holden Torana taksi untuk armada Blue Bird pada 1970-an.
Sekilas, Holden Torana yang disulap menjadi taksi ”jadul” itu masih sangat mulus. Lampu-lampu lengkap, juga emblem pada bodi belakang yang bertuliskan ”Torana”.  ”Lampu atap dengan tulisan ’taksi’ diambil dari aslinya, dibersihkan, dan dipasang lagi,” kata Harli.

Di pameran ini, pengunjung boleh masuk untuk melihat kondisi interiornya. KompasOtomotif pun coba masuk dan mengondisikan sedang berada di masa lalu. Jok sederhana, bahkan bagian depan tidak ada pemisah konsol. Bau khas mobil tua langsung menyergap, tapi masih terasa sisa-sisa kemewahannya.

KompasOtomotif-donny apriliananda Mobil direkondisi agar menyerupai unit asli.
Di zamannya, tidak ada teknologi power steering dan pendingin kabin. Menariknya, Blue Bird juga memasang alat komunikasi plus alat penghitung biaya perjalanan (argometer). ”Dulu disebut argo jewer, untuk menyalakannya diputar dan dijewer dulu,” jelas Harli.

Dari data spesifikasi, mobil ini cukup bisa diandalkan. Mesinnya 6-silinder 2.834cc. Tenaga maksimal setara 119 tk @4.400 rpm dan torsi maksimal yang besar, 226,8 Nm @ 2.000 rpm.

Mobil-mobil Holden Torana Blue Bird itu dinyatakan pensiun pada 1978 untuk digantikan mobil-mobil baru yang sifatnya sebagai peremajaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.