Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Karakter Tenaga Honda Sonic

Kompas.com - 07/08/2015, 13:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Puas mengeksplor fitur dan kenikmatan berkendara ringan, KompasOtomotif beranjak ke sesi yang lebih serius untuk mengajak jalan Honda New Sonic 150R usai peluncuran, Rabu (5/8/2015). Kali ini awak redaksi berusaha mencoba kemampuan ayam jago Honda sesuai ciri khas dan daya tarik di segmen ini, tenaga dan akselerasi.

PT Astra Honda Motor (AHM) memang tidak menyiapkan trek khusus yang panjang layaknya sirkuit. Area parkir JI Expo Kemayoran disulap menjadi trek dadakan yang dibatasi banyak cone. Disediakan lintasan lurus, beberapa belokan, dan area jalan zig-zag.

Handel gas diputar untuk berakselerasi. Muntahan torsi mesin 4-tak DOHC berkapasitas 149,16 cc itu terasa berlimpah di putaran bawah. Bahkan dari data teknis, torsi puncak 13,5 Nm sudah didapat pada putaran mesin 6.000 rpm. Tuas kopling enteng, diikuti perpindahan gigi yang mudah.

KompasOtomotif langsung teringat ucapan Yoshiyuki Horii, Large Project Leader Sonic 150R Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center, Jepang, bahwa Sonic baru ini lebih diarahkan untuk penggunaan jarak dekat di dalam kota. Rahasianya, pengaturan torsi yang lebih cepat didapat di putaran rendah. Ibarat sinetron, sepeda motor ini bisa diberi judul ”Galak-galak Ayam Jago”.

Ghulam/Otomania Sonic 150 R jadi model andalan terbaru AHM, menyasar ke segmen baru Light Sport.

Sayang, tenaga puncak belum bisa diraih, apalagi top speed, karena keterbatasan lintasan. Hanya secara sekilas, sudah cukup menunjukkan jika Sonic 150R punya potensi soal kekuatan jantung pacu jika disandingkan dengan para kompetitor.

Kelincahan

Dimensi kecil seharusnya membuat sepeda motor ringan dipakai melibas rintangan di perkotaan, misalnya macet yang tak kunjung surut. Ayam jago Honda ini termasuk cukup ringan, meski tak seenteng kompetitor. Bobot 114 kg sudah cukup untuk dipakai aktif bergerak.

Namun ada sedikit ganjalan, untuk menggerakkan setang (belok patah kanan-kiri) terasa agak berat. Entah karena belum biasa naik ayam jago, sentralisasi bobot, atau rumus sudut kemiringan garpu depan. Namun yang jelas efeknya akan membuat pegal jika lama digunakan. Agar bisa meliuk lincah tubuh pengendara harus sedikit lebih aktif membantu.

Tapi secara keseluruhan cukup memuaskan. Honda New Sonic 150R punya taji yang cukup tajam untuk bertarung di ”arena perjudian”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com