Cara Benar Rawat Bagasi agar Tidak Pengap dan Penuh Kuman

Kompas.com - 21/07/2015, 13:46 WIB
Bagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikan DonnyBagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikan
EditorAris F Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif – Bagi Anda yang sudah kembali usai mudik, tak ada salahnya menegok kondisi bagasi. Jika punya waktu agak banyak bisa lakukan beberapa langkah untuk menghindarkan area penyimpanan dari pengap, lembab dan bau apek. Pada umumnya proses membersihkan sebatas hisapan dari vacuum cleaner, itu pun kalau sedang menggunakan jasa cuci steam di luar. Padahal, langkah tersebut tak menjamin bagasi bebas dari jamur dan kotoran.

”Nggak terlalu sulit sebenarnya untuk membersihkan bagasi. Cuma sediakan waktu tiga puluh menit! Sudah cukup, jangan terlalu lama. Bisa dilakukan sendiri, tak perlu mengandalkan jasa cuci steam yang kadang asal-asalan,” kata Anton, pemilik Glance Auto Detailing.

Dari penjelasan Anton, pertama, kalau hanya untuk mengangkat kotoran-kotoran kecil, vacum cleaner sudah cukup. Tapi jika kotoran susah diangkat, harus menggunakan all purpose cleaner. Bahan pembersih ini banyak dijual di pasaran, bisa digunakan pada permukaan plastik, karpet, atau beludru yang biasa dijumpai pada bagasi.

”Bila perlu, gunakan sabun khusus untuk membersihkan kotoran membandel. Misalnya sisa-sisa oli. Kadang kita nggak sadar meletakkan perkakas yang setelah dipakai, ternyata masih belepotan oli. Kalau lama kering susah dihilangkan,” jelas Anton kepada KompasOtomotif.

Paling penting, setelah digosok menggunakan obat khusus atau sabun, harus dikeringkan total. Jangan sampai belum sepenuhnya kering tapi bagasi sudah ditutup rapat. Pengap dan lembab dipastikan timbul dan menjadi masalah baru.

Jika suhu luar panas, tidak terlalu bermasalah. Yang mengkhawatirkan adalah suhu luar dingin, yang membuat suhu bagasi lembab dan timbul kondensasi (embun). Gantungkan pewangi mobil untuk mengindari bau apek. Jika sudah lembab, tempatkan moisture absorber di dalam bagasi. Ganti penyerapnya tiga minggu sekali dan cuci bersih.

Ban cadangan

Di balik bagasi sedan, umumnya terdapat ruang untuk menyimpan ban serep. Jangan lupa bersihkan juga bagian ini karena masih menjadi satu bagian dari bagasi. Angkat penutup karpetnya, lalu bersihkan dengan cairan all purpose cleaner dan gosok dengan spons sampai berbusa dan bersih. Setelah itu, lap dengan pengelap plas chamois. Untuk membersihkan daerah ini, sebaiknya dilakukan secara rutin agar tidak berkarat, dan pengembunan air yang terjebak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.