Asuransi Mobil

Jangan Mau Celaka… Cerdiklah Atur Keuangan setelah Berkeluarga!

Kompas.com - 20/06/2015, 08:43 WIB
Rencanakan keuangan keluarga secara matang. Adhis AnggianyRencanakan keuangan keluarga secara matang.
|
EditorLatief
KOMPAS.com  Uang menjadi salah satu penyebab utama perceraian di dunia. Dalam tulisannya, Jeffrey Dew, peneliti dari Utah State University, mengatakan bahwa pemborosan finansial oleh seorang pasangan dalam hubungan rumah tangga dapat meningkatkan kemungkinan perceraian hingga 45 persen.

Dew menjelaskan, kualitas dan stabilitas kehidupan keluarga di AS sangat berkaitan dengan persepsi pasangan dalam mengatur keuangannya. Menurut dia, pasangan yang mampu berhemat memiliki kehidupan rumah tangga paling bahagia.

Memang, kesepakatan bersama harus dicapai sebelum memutuskan perkara keuangan rumah tangga. Namun, tak dimungkiri, menghilangkan egoisme pribadi bagi pasangan baru bukan lah hal sederhana.

Saat melajang, kita terbiasa mengatur keuangan sendiri. Pendapatan dan pengeluaran pribadi sulit dibagi. Apalagi jika pasangan sama-sama bekerja. Akhirnya, mereka memilih tetap memiliki rekening masing-masing. Sebagian lain menyerahkan soal finansial kepada salah satu pasangan saja.

Namun, apakah cara tersebut efektif? Berikut trik mengatur keuangan rumah tangga agar pernikahan Anda langgeng dan bahagia:

Kenapa uang begitu penting?

Pertama-tama, pasangan wajib menjawab pertanyaan ini. Kenapa Anda harus memiliki banyak uang?

Carl Richards, seorang konsultan keuangan keluarga di AS mengungkapkan, jawaban dari pertanyaan tersebut akan menjadi acuan pasangan dalam memutuskan soal keuangan. Pasangan harus memiliki prioritas keuangan sama sehingga perdebatan tidak perlu pun berkurang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah Ricards dan istrinya melakukan tahap ini, mereka akhirnya dapat merumuskan tiga tujuan finansial bersama. Pertama, memiliki dana pensiun cukup. Kedua, mampu menyekolahkan anak sampai tingkat perguruan tinggi. Terakhir, memiliki hunian nyaman. Nah, bagaimana dengan Anda?

Belajar terbuka

Walau terkesan blak-blakan, hal ini penting dilakukan. Pasalnya, untuk mengetahui tujuan finansial bersama, pasangan harus mengetahui jumlah aset dan modal yang dimiliki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.