Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Motor Sport Murah Yamaha Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 06/05/2015, 14:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — India Yamaha Motor Pvt Ltd belum lama ini meluncurkan sepeda motor sport kelas 125 cc yang dinamai Saluto. Menariknya, model baru ini dibanderol sangat murah, hanya 52.000 rupee atau setara Rp 10,6 juta.

Mungkin ini menjadi jawaban produsen berlambang garpu tala itu atas model sport Honda yang juga dibanderol murah. Di sana, Honda mengandalkan CD 110 Dream yang cuma dijual Rp 7,9 juta, dan sudah dirilis tahun lalu.

Terlepas dari rivalitas Yamaha dan Honda di India, Saluto 125 sendiri cukup berpotensi merebut hati. Sepeda motor ini didesain dari konsep ”Economical & Practical Indian Family Motorcycle", atau lebih kurang memberikan kepraktisan dan unsur ekonomis untuk keluarga.

Sepeda motor ini direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari dengan pemakaian bahan bakar yang sangat irit. Dibekali mesin 125 cc Blue Core, Saluto bertenaga 8,3 PS pada 8.000 rpm dan torsi 10,1 Nm pada 4.500 rpm, dengan transmisi 4-percepatan.

Bobotnya sangat ringan, hanya 112 kg, dan diklaim membuatnya lincah untuk kondisi jalanan yang padat. Seperti rilis resmi Yamaha Global, Saluto sudah memiliki setelan duduk yang nyaman untuk pengendara ataupun penumpang di belakang.

Soal desain, motor tersebut tak aneh-aneh, sangat simpel, bahkan batok lampu depannya mirip CD 110 Dream dari Honda. Di segmen ini, produsen tak mengejar poin terlalu banyak dalam hal desain. Yang penting, mesin irit dan awet untuk dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com