Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Efektif Autosafe Bisa Cegah Pencuri?

Kompas.com - 04/05/2015, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada dasarnya, divisi pengembangan Yamaha Indonesia menyematkan fitur Autosafe pada GT 125 Eagle Eye, untuk mencegah maling sepeda motor. Namun tujuan lebih luas, fitur tambahan ini juga disiapkan untuk menyikapi kejahatan curanmor yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Kombinasi Auto Immobilizer, Auto Alarm, dan Remote Control, jika dioperasikan sedemikian rupa, akan menghambat pelaku perampasan untuk membawa kabur sepeda motor. ”Ini bisa menjadi solusi, meski tidak akan mudah orang saat menghadapi tindak kejahatan di jalan,” urai Dyonisius Beti, Executive Vice Presiden YIMM dalam peluncuran GT 125 Eagle Eye (4/5/2015).

Penggunaan auto immobilizer, auto alarm, dan remote control, berfungsi menyalakan dan mematikan sistem komputer mesin jika tidak dipencet tombol tertentu. Bahkan meski pakai immobilizer, kunci asli tetap tidak bisa digunakan jika maling tak tahu cara menggunakannya.

GM Aftersales Service & Motorsport YIMM M Abidin menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan jaringan dealer untuk mengedukasi konsumen tentang pengoperasian fitur Autosafe. Konsumen akan dengan mudah mengoperasikannya saat menghadapi pencuri atau begal.

Namun, apakah sistem ini efektif mencegah pencuri atau begal? Yamaha Indonesia tidak bisa mengatakan pasti. Hanya, Dyonisius mengatakan bahwa paling tidak, fitur Autosafe menjadi nilai tambah fitur keamanan pada sebuah sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com