China Jangan Pelit Soal Insentif Mobil Listrik

Kompas.com - 21/04/2015, 10:20 WIB
Pengisian normal butuh waktu 7-8 jam dari nol sampai baterai penuh. Agung KurniawanPengisian normal butuh waktu 7-8 jam dari nol sampai baterai penuh.
|
EditorAzwar Ferdian
Shanghai, KompasOtomotif - Pebisnis otomotif dunia meminta pemerintah China untuk memperbesar insentif untuk kendaraan berteknologi ramah lingkungan, khususnya mobil listrik. Masih kecilnya pasar mobil listrik di China menunjukan kalau belum ada keseriusan.

Kekecewaan ini disampaikan CEO Nissan Carlos Ghosn di Shanghai Auto Show, dilansir Autonews, Senin (20/4/2015). Nissan memasarkan mobil listrik di China lewat merek lokal, Venucia. Ghosn juga menyatakan, belum ada niatan untuk meluncurkan model listrik lain, jika penjualan tidak segera naik.

"Pertanyaannya kami semua sedikit khawatir melihat fakta kalau mobil listrik tidak melonjak di China, sedangkan di pasar lain mereka sudah mulai meningkat. Konsumen tidak mau membeli," tukas Ghosn.

Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company, perusahaan gabungan Nissan dengan mitra lokal Dongfeng, sekaligus pemasar Venucia, baru saja meluncurkan Leaf dengan merek lokal e30, September 2014 lalu.

Saat peluncuran perdana, Nissan menyatakan e30 bisa dibeli memanfaatkan insentif pajak yang dikeluarkan pemerintah China dalam menyokong teknologi ramah lingkungan. Venucia e30 langsung diluncurkan ke sembilan kota besar di China, tahun lalu dan menargetkan penjualan di seluruh China tahun ini.

"Saya pikir kita belum akan membawa mobil kedua atau ketiga. Hari ini tantangannya adalah bagaimana menjual satu. Tantangan utamanya adalah untuk mendorong, memberikan insentif tambahan supaya konsumen mau membeli. Sebelum menambah mobil dan teknologi baru, kami hanya butuh kepastikan kalau kita bisa berjualan teknologi yang sudah ada di lapangan," beber Ghosn.

Data penjualan Asosiasi Manufaktur Otomotif China mobil listrik dan hibrida dalam tiga bulan pertama 2015, naik 280 persen menjadi 26.581 unit, dengan komposisi 15.405 mobil listrik dan 11.176 hibrida plug-in.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.