Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyetel Yamaha R1M, Kini Bisa lewat Ponsel Berbasis Android

Kompas.com - 23/03/2015, 16:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Yamaha Motor Corporation USA mengumumkan hal menarik bagi pengguna Yamaha YZF-R1M 2015, yakni peluncuran aplikasi Sistem Y-TRAC. Aplikasi ini kompatibel untuk ponsel atau tablet berbasis Android, dan bisa diunduh langsung dari Google Play Store.

Menurut David Docktor, Manajer Pemasaran Sepeda Motor Yamaha, dilansir Motorcycle.com (18/3/2015), mengatakan, "Aplikasi sistem Y-TRAC ini eksklusif, memungkinkan pengendara untuk berhubungan langsung dengan tunggangan R1M mereka, sebuah pengalaman yang belum pernah dialami sebelumnya di luar ajang balapan pabrikan."

Melalui aplikasi ini, pengguna R1M bisa terkoneksi secara nirkabel dengan sistem Yamaha Ride Control (YRC) melalui unit pengatur komunikasi (CCU : Communication Control Unit) yang ada pada sepeda motor.

Data-data penunjang lain yang menunjukan kinerja sepeda motor di lintasan juga terekam dengan baik dengan bantuan GPS. Data ini kemudian bisa diunduh via WiFi dan pengendara bisa menganalisanya. Hasil analisa dan ubahan settingan bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini, kemudian diunggah kembali ke sepeda motor untuk hasil ideal.

Data-data penunjang, mulai RPM mesin, posisi bukaan gas, putaran roda depan dan belakang, posisi transmisi, sudut kemiringan, tekanan rem, hingga suhu cairan pendingin mesin. Sistem ini juga mampu memantau beberapa fitur keselamatan sekunder yang ada, seperti Traction Control, Slide Control, Lift Control, Launch Control, dan Front/Rear Anti-Lock Braking.

Yamaha/Motorcycle Tampilan sistem Y-TRAC di piranti Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com