Kompas.com - 15/02/2015, 09:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
New York, KompasOtomotif - Raksasa perusahaan teknologi Apple Incorporated mulai serius menciptakan mobil pertamanya. Ihwalnya, produsen ponsel iPhone ini mulai mengontrak sejumlah ahli teknologi otomotif dan desain untuk bergabung bersama dalam satu laboratorium riset rahasia, dilansir Financial Times, Jumat (13/2/2015).

Apakah langkah Apple ini sekedar lagi menyaring bakat-bakat terbaik dalam industri otomotif untuk merekayasa mobil konsep atau sekedar berbagi CarPlay, salah satu aplikasi hiburan dalam sistem audio mobil.

The Wall Street Journal (13/2/2015), berhasil mendapatkan informasi tambahan dari orang dalam, kalau perusahaan lagi mengerjakan kendaraan listrik bermerek Apple. Proyek rahasia ini diberinama "Titan" dan sudah punya desain awal, berbentuk MPV atau minivan. Namun, Apple memiliki keleluasaan untuk tidak melanjutkan prototipe itu.

Salah satu ahli yang berhasil direkrut Apple, adalah Johann Jungwirth, mantan Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Mercedes-Benz di Silicon Valley. Kini, dalam status Linkedln jabatannya sudah menjadi Kepala Rancang Bagung Sistem Mac.

"Tiga bulan lalu saya akan mengatakan kalau (proyek) itu adalah CarPlay. Sekarang, saya pikir itu adalah mobil," jelas sumber Apple dilansir Financial Times. Proyek ini mulai bergulir sejak akhir 2014, setelah Apple meluncurkan model keempat arloji pintar sekaligus iPhone6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.