Kompas.com - 11/02/2015, 09:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Bogor, KompasOtomotif - Kendaraan dengan label "perkotaan" seharusnya siap diajak melaju di berbagai kondisi. Tolok ukurnya Jakarta, yang mempunyai ragam situasi jalan, mulai mulus, lubang, hingga banyak genangan. Begitu juga NMAX, skuter bongsor 155cc yang baru diluncurkan Yamaha, malah dinyatakan tahan banjir.

M Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Manufacturing, di sela peluncuran Yamaha NMAX di Surkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (10/2/2015), mengatakan bahwa skutik bergaya Eropa ini punya struktur lubang udara yang siap menghadapi genangan.

"Filternya kedap. Udara hanya bisa diambil dari filter, bukan dari lubang lain," tegas Abidin yang diamini oleh Takehiko Gotanda, Engine Project Chief NMAX Yamaha Motor Co. Ltd.

Kekhawatiran soal filter udara muncul karena posisi filter NMAX di sekitar boks CVT yang cukup rendah. Dengan penegasan itu, Yamaha memastikan keamanan melaju, meski juga harus dilihat tinggi genangannya, tak melebihi 50 cm untuk antisipasi.

Gotanda menambahkan, duck tail atau lubang udara yang terhubung dengan CVT dibuat khusus, menghadap ke atas dengan tinggi sekitar 70 cm. Umumnya, komponen ini menghadap ke bawah.

"Tapi ingat, ini belum ada pengetesan langsung. Namun secara teori dan di atas kertas, NMAX bisa melewati genangan air dengan ketinggian tertentu," urai Abidin.

Ditambahkan Ridwan Arifin, Staff Service Education Yamaha Indonesia, yang penting dalam melewati genangan adalah menahan gas dan mempertahankan rpm mesin. Jika tidak, air akan tersedot masuk ke ruang bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.