Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX Diklaim Siap Terjang Banjir

Kompas.com - 11/02/2015, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Kendaraan dengan label "perkotaan" seharusnya siap diajak melaju di berbagai kondisi. Tolok ukurnya Jakarta, yang mempunyai ragam situasi jalan, mulai mulus, lubang, hingga banyak genangan. Begitu juga NMAX, skuter bongsor 155cc yang baru diluncurkan Yamaha, malah dinyatakan tahan banjir.

M Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Manufacturing, di sela peluncuran Yamaha NMAX di Surkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (10/2/2015), mengatakan bahwa skutik bergaya Eropa ini punya struktur lubang udara yang siap menghadapi genangan.

"Filternya kedap. Udara hanya bisa diambil dari filter, bukan dari lubang lain," tegas Abidin yang diamini oleh Takehiko Gotanda, Engine Project Chief NMAX Yamaha Motor Co. Ltd.

Kekhawatiran soal filter udara muncul karena posisi filter NMAX di sekitar boks CVT yang cukup rendah. Dengan penegasan itu, Yamaha memastikan keamanan melaju, meski juga harus dilihat tinggi genangannya, tak melebihi 50 cm untuk antisipasi.

Gotanda menambahkan, duck tail atau lubang udara yang terhubung dengan CVT dibuat khusus, menghadap ke atas dengan tinggi sekitar 70 cm. Umumnya, komponen ini menghadap ke bawah.

"Tapi ingat, ini belum ada pengetesan langsung. Namun secara teori dan di atas kertas, NMAX bisa melewati genangan air dengan ketinggian tertentu," urai Abidin.

Ditambahkan Ridwan Arifin, Staff Service Education Yamaha Indonesia, yang penting dalam melewati genangan adalah menahan gas dan mempertahankan rpm mesin. Jika tidak, air akan tersedot masuk ke ruang bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com