Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tanggapan Honda Soal Pesaing PCX dari Yamaha

Kompas.com - 27/01/2015, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah menyebar teaser dan akhirnya resmi diperkenalkan, semakin jelas model baru Yamaha NMAX bakal masuk di segmen skutik kelas atas dan mengusik ketentraman Honda PCX. Modal dasar persaingan sudah pasti harga, perbedaan keduanya cukup signifikan.

Dari keterangan resmi Yamaha Global banderol NMAX Rp 27,4 juta, faktor Yamaha Motor Indonesia Manufacturing sebagai basis produksi bisa jadi alasan kuat harga mampu ditekan. Honda PCX yang selama ini membentuk segmen dan bermain sendirian dijual Rp 39,8 juta, beda 12,4 juta dari NMAX.

Yamaha NMAX dikatakan segera menyapa publik pada Februari, maka tidak lama lagi kompetisi skutik berdimensi besar memanas. Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication Astra Honda Motor punya pendapat soal ini.

“Saya rasa kalau memang mau head to head berarti yang harus dibandingkan adalah harga dan fitur. Brand PCX sudah dikenal sebagai skutik premium di Indonesia,” kata Muhib menjelaskan posisi PCX. Selama ini pasokan unit PCX selalu impor, terkini dari Vietnam.

Tersirat Muhib coba menjelaskan NMAX dan PCX belum tentu bersaing di kelas yang sama. Pembuktiannya menunggu kehadiran NMAX dalam wujud nyata bulan depan.  

Muhib juga menekankan satu hal penting, yaitu jaringan aftersales AHM yang menyebar di seluruh Indonesia. Jaminan kenyamanan perawatan dianggap mampu menentukan pilihan konsumen untuk percaya pada sepeda motor berlambang sayap mengepak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com