Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Kombi Retro "Type 2" Dilelang Rp 1,3 M

Kompas.com - 24/01/2015, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Jika Anda penggemar Volkswagen retro, koleksi Kombi Samba Microbus lansiran 1955 bisa menarik perhatian. Mobil ini merupakan tipe pertama kombi yang dipasarkan di Inggris dan akan dilego rumah lelang Silverstone Auction Race Retro Sale di Stoneleigh Park, Warwickshire, 21 dan 22 Februari 2015.

Estimasi harga koleksi retro ini di mulai 70.000 pound atau Rp 1,3 miliar. Mobil ini diklaim sebagai produk pertama, sekaligus satu-satunya VW Samba Microbus Type 2 yang masih selamat dalam kondisi apik di Inggris. Samba ini merupakan produksi pabrik Wolfsburg, berkemudi kanan, masuk ke Inggris pada 21 November 1955 oleh John Colborne-Barber, pemilik dealer VW pertama di Inggris.

VW Samba sebenarnya tidak pernah resmi diimpor ke Inggris, ini menjadi alasan klaim rumah lelang kalau koleksinya merupakan satu-satunya model yang selamat. Microbus ini tersimpan jarang digunakan sampai ditemukan di West Country pada 1992, setelah 30 tahun.

Dalam 18 bulan terakhir, mobil ini mengalami restorasi seperti versi orisinal dengan beberapa tambahan keselamatan dan fitur keselamatan. Termasuk ubahan interior dengan sentuhan kompor jadul Osokool dan oven Dudley yang didatangkan khusus untuk mircobus ini dan semuanya berfungsi dengan baik.

Mobil ini juga memegang sertifikat keaslian dari museum Stiftung Auto milik VW di Jerman dan surat resmi dari putra mendiang Corlborne-Barber, pemilik pertama mobil ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com