Kompas.com - 20/12/2014, 11:15 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah era teknologi pewarnaan, pemakaian bahan logam, lalu keramik, kini perkembangan kaca film mencapai tahap penggunaan material karbon dalam bentuk partikel nano. Jika biasanya kaca film warna hitam harus menggunakan bahan logam untuk menolak panas, keunggulan karbon bisa menolak panas tanpa logam.

Menurut Melvin Kristiani General Manager Sentra Brosis Indojaya sebagai pemegang merek kaca film Infinity di Indonesia, bahan logam mampu mengganggu signal ponsel dan mengalami korosi (karat).

“Kaca film dengan nano karbon lebih awet, makanya kita berani kasih garansi hingga delapan tahun,” kata Melvin sangat mengenalkan kaca film Infiniti terbaru dengan material nano karbon, Black Optic, di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Warna alami karbon adalah hitam, karena itu kebanyakan kaca film dengan material ini juga punya warna hitam. Warna gelap hanya terlihat dari luar, namun tidak menghalangi pandangan penumpang dari kabin. Pemandangan tetap jernih, seperti kaca film berbahan keramik.

“Efek bayangan pada kaca dari dalam tidak banyak, tidak mengganggu saat malam hari ataupun hujan,” terang Melvin lagi.

Selain itu kelebihan lain kaca film berbahan nano karbon punya nilai tinggi menolak panas, yakni hingga 70 persen, menolak sinar infrared 72 persen dan ultraviolet 99,9 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.