Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2014, 11:38 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif- PT Pertamina (Persero) bersama Autobild Indonesia menggelar final ajang adu irit bahan bakar bersama komunitas bertajuk "Olimpiade Pertamax", di Jakarta, (7/12/2014). Sebelum masuk putaran final acara serupa digelar di 5 kota besar seperti Medan, Bali, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta. Babak penyisihaan antar komunitas lokal tersebut sudah dimulai sejak Agustus 2014 lalu.
 
Yanuar Budi Hartanto, Commercial Retail Fuel Marketing Manager, PT. Pertamina (Persero) mengatakan, “Olimpiade Pertamax dibuat untuk menunjukkan kontribusi Pertamina Pertamax dalam menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar. Melalui adanya pengetesan ini, masyarakat luas akan tahu bahwa dengan menggunakan Pertamax konsumsi BBM mobil akan lebih irit dan bisa mendapatkan jarak tempuh yang lebih panjang.”
 
Putaran final kali ini diikuiti oleh para juara lokal tiap daerah seperti Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Medan, Great Corolla Club (GCC) Chapter Bali, Kakitua Racing Team dari Surabaya, Jogja Slalom Community (JSC), dan Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Jakarta.

KompasOtomotif - Aris F Harvenda Proses pengisian Pertamax dan penyegelan tutup saluran bensin
Peraturan
Sama seperti babak penyisihan sebelumnya, setiap peserta menggunakan mobil dan transmisi yang sama. Semua mobil yang dipakai berlaga akan dikuras bahan bakarnya hingga habis dan tidak bisa dihidupkan. Kemudian setiap mobil peserta diisi Pertamina Pertamax dengan jumlah yang sama, 4 liter, dan dari satu pompa pengisian yang sama.

Tim wajib mengendarai mobil hingga bahan bakar Pertamina Pertamax yang ada di dalam tangki habis. Setiap mobil diisi oleh 3 peserta dan 1 orang juri untuk memastikan AC tetap menyala dan melewati rute yang telah ditentukan. Tim dengan jarak tempuh paling jauh menjadi pemenang dan berhak melaju ke babak final untuk memperebutkan hadiah utama satu unit mobil. Selain itu masih ada hadiah dengan total puluhan juta rupiah yang bisa diperebutkan para peserta mulai dari seri kualifikasi sampai dengan di  babak final.

Pada Grand Final ini, peserta start dari  SPBU Pertamina COCO Kuningan, Jakarta Selatan. Kemudian mereka akan menuju 3 checkpoint, Kawasan Kota Tua, Cilandak Town Square, Plaza Festival, dan finishdi Pisa Cafe Flavor Bliss Alam Sutra, Tangerang.

KompasOtomotif - Aris F Harvenda Peserta berasal dari beberapa komunitas daerah

Hasil
Setelah berjibaku seharian menempuh rute tersebut, ERCI Chapter Medan akhirnya berhasil juara dan berhak atas hadiah 1 unit Datsun Go+ Panca setelah berhasil menempuh 62 km menggunakan Pertamax 4 liter (15,5 kml).

"Kami tak menyangka berhasil memenangkan Olimpiade Pertamax yang diadakan Pertamina dan Autobild. Pertamax memang terbukti bagus dalam menghasilkan efisiensi dan performa. Hal tersebut saya buktikan sendiri setelah menjuarai babak penyisihan di Medan. Saya pun akhirnya sadar dan selalu menggunakan Pertamax untuk mobil saya hingga saat ini dan seterusnya," ujar Muliadin Harahap, Ketua ERCI Chapter Medan yang juga menjadi peserta Olimpiade Pertamax.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.