Kompas.com - 12/11/2014, 15:33 WIB
Truk Volvo FH adu kecepatan dengan Koenigsegg One:1. Volvo TrucksTruk Volvo FH adu kecepatan dengan Koenigsegg One:1.
|
EditorAris F. Harvenda

Kagerod, KompasOtomotif – Volvo menantang Koenigsegg One:1 adu cepat. Alih-alih memberikan lawan sepadan sesama mobil sport, pabrikan asal Swedia itu malah mengajukan truk Volvo FH untuk berlomba dengan Koenigsegg One:1 di Sirkuit Knutstorp, Kagerod, Swedia Selatan.

Tentu bukan adu cepat betulan. Bagaimana mungkin truk seberat 8 ton melawan salah satu mobil tercepat di dunia? Tapi justru disitulah menariknya. Berawal dari ketimpangan itu, Volvo bukan mengejar siapa yang menang, namun ingin menunjukkan sistem transmisi I-Shift Dual Clutch pada truk FH yang sangat nyaman dan halus.

Sistem transmisi itu adalah teknologi yang diambil pada mobil sport, lalu diterapkan untuk truk. Jeff Bird, Press Test Director Volvo Trucks mengatakan dalam video, tujuan diciptakan sistem transmisi canggih ini untuk truk adalah menambah performa, terutama saat mendaki, akselerasi, juga kenyamanan pengemudi.

Dalam balapan itu, truk dikemudikan pebalap berpengalaman Tiff Needell. Sementara Koenigsegg One:1 ditunggangi test driver Koenigsegg Robert Serwanski. Supaya adil, Volvo FH digeber sepanjang satu lap sedangkan Koenigsegg dua lap.

Terlepas dari siapa yang menang, inilah cara jitu mempromosikan teknologi truk Volvo. Mereka seakan ingin memberikan sekuel setelah sukses dengan video ”The Epic Split” [Baca: Aksi "Gila" Van Damme” Bersama Truk Volvo] yang diperagakan aktor laga Jean Claude Van Damme yang melakukan split di antara dua truk Volvo untuk membuktikan truk sangat stabil dan dinamis.

Penasaran? Lihat pemenangnya dalam video ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.