Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsionalitas Kabin All-New Yaris

Kompas.com - 25/09/2014, 18:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meski punya bodi hatchback, All-New Yaris punya kabin fungsional. Ruang kaki dan kepala yang lapang, plus rancangan interior dengan sajian kenyamanan menjamin tak ada rasa bosan menghabiskan banyak waktu di kabin.

Memakai platform terbaru mirip All-New Vios, Yaris generasi keempat punya banyak keuntungan, terutama untuk kelegaan kabin. Dimensi All-New Yaris “membengkak”, ukuran total memanjang dari 3.800 mm menjadi 4.115 mm, melebar dari 1.695mm menjadi 1.700 mm. Namun posturnya kini lebih ceper, dari 1.520 mm menjadi 1.475 mm.

Stabilitas saat manuver pun kini terasa makin mantap dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, dari 2.460 mm menjadi 2.550 mm. Ubahan ini juga menjadi salah satu faktor kabin menjadi lebih lega. 

Dasbor
Nuansa kabin tak lepas dari dasbor yang dibuat elegan dengan tema hitam. Rancangannya sederhana untuk mengakomodasi banyak sistem mobil. Contohnya, menyalakan mesin hanya dengan menekan tombol start/stop. Begitu pula untuk mengontrol iklim kabin yang dengan mudah dioperasikan dan letaknya berdekatakn dengan tombol start. Kecenderungannya, pengemudi kerap langsung mentyalakan AC setelah menyalakan mesin. Dengan posisi berdekatan tentunya proses pengoperasian tidak merepotkan.

Ada banyak ruang penyimpanan, di antaranya pada  dasbor, di setiap pintu, di bawah head unit canggih sebagai pusat hiburan, dan di konsol tengah. Instrument cluster mudah diamati pengemudi dengan nuansa putih dan merah. Khusus buat tipe TRD Spotivo kemudi telah dilengkapi kontrol audio.

Kemananan
Berada di kabin, faktor keamanan pun jadi perhatian penting. Soal yang satu ini tak ada kompromi, “cangkang” All-New Yaris dibuat berdasarkan struktur yang mampu menyerap benturan, dengan menggunakan bahan baja yang dikuatkan. Dilengkapi dual SRS airbags plus seatbelt pretensioner dan force limiter untuk kedua jok depan.

Semua jok penumpang mendapatkan sabuk pengaman tiga titik. Plus, fitur child lock. Selain itu ada juga sistem pengamanan immobilizer Khusus buat TRD Sportivo terdapat tambahan Eco Indicator dan shift position indicator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com