Harga “Mobil Murah” Bakal Naik, Ini Estimasi Kenaikannya

Kompas.com - 10/09/2014, 18:17 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Tangerang, KompasOtomotif – Status LCGC yang dijual dengan harga maksimal Rp 95 juta off the road hanya akan bertahan setahun. Desakkan para pemegang merek untuk menaikkan harga ”mobil murah” kemungkinan besar akan disetujui pemerintah.

Tuntutan ATPM tersebut didasari Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Dalam peraturan tersebut disebutkan harga jual off the road menyesuaikan indikator ekonomi, seperti besaran inflasi, kurs nilai tukar rupiah, dan/atau harga bahan baku.

Ketetapan lain dalam peraturan yang sudah diterapkan, harga bisa naik maksimal 15 persen bila dipasarkan menggunakan transmisi otomatis dan maksimum 10 persen untuk teknologi pengamanan penumpang.

Menurut Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi, faktor paling memengaruhi adalah inflasi. ”Dimungkinkan (harga naik), kalau sudah setahun (masa produksi). Karena kalau tidak dinaikan pasti merugi,” kata Budi menjawab pertanyaan wartawan di Tangerang, Rabu (10/9/2014).

Bila tidak bisa berkembang, maka kerugian bisa sampai ke proses produksi di pabrik. Tujuan kebijakan LCGC, lanjut Budi, menciptakan lapangan pekerjaan dan memperkuat struktur otomotif.

”Kalau mereka tidak bisa jualan karena dibatasi nanti misi itu percuma,” ujarnya.

Kabarnya, para merek yang punya “mobil murah” mengusulkan kenaikan harga off the road menjadi maksimal Rp 109,25 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.