Kompas.com - 10/08/2014, 12:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Milan, KompasOtomotif - Spesialis produsen rem asal Italia, Brembo, memastikan kerjasama dengan produsen sepeda motor keempat, Kawasaki, mulai 2014. Hal ini disampaikan secara tersirat oleh Matteo Tiraboschi, Wakil Komisaris Brembo kepada Reuters (9/8/2014).

Kepastian diperoleh setelah juru bicara Kawasaki Heavy Industries memastikan memang mulai menerima pasokan dari Brembo. Sebelumnya, Brembo merupakan pemasok komponen rem terdepan untuk beberapa produsen, seperti Harley-Davidson di AS, BMW (Jerman), Ducati (Italia), dan kini ekspansi menuju Jepang.

Langkah ke Jepang, dimulai ketika krisis ekonomi global terjadi, mengakibatkan pasar sepeda motor global mengerut. Para produsen Jepang kemudian memutuskan berani membeli komponen premium untuk mendulang pangsa pasar. Akhirnya, Brembo menyetujui kerjasama dengan Suzuki dan Yamaha mulai 2012, kemudian disusul Honda pada 2013.

Tiraboschi melanjutkan, Brembo juga mulai ekspansi bisnisnya bukan hanya di industri otomotif. Teknologi pengereman yang dimiliki, kini merambah sektor transportasi lain, yakni aviasi atau pesawat terbang. Pasokan pertama dikonsentrasikan untuk memenuhi kebutuhan jet dan helikopter, tapi dalam jangka panjang berharap akan menjadi salah satu pilar bisnis utama.

"Ada hubungan pararel antara pesawat terbang dan Formula 1, membuat kami jadi lebih berkembang di luar sektor otomotif, menggunakan keahlian, teknologi, dan material yang sama," beber Tiraboschi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.