Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai "Recall" Sonata, Santa Fe dan Veracruz

Kompas.com - 03/08/2014, 11:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Kampanye perbaikan massal (recall)) masih akrab dengan Hyundai. Kali ini, Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, mengumumkan bahwa produsen asal Korea Selatan tersebut akan melakukan recall pada tiga model secara terpisah.

Ada 419.000 unit di AS yang perlu diperbaiki. Tiga model yang kena recall adalah Santa Fe, Sonata dan Veracruz. Namun, tiga model ini mengalami masalah yang berbeda.

Untuk Santa Fe produksi 2001 hingga 2006 tercatat ada 225.000 unit Santa Fe yang harus diperbaiki. Terjadi korosi pada bagian suspensi depan, sehingga berpotensi menusuk ban yang bisa menyebabkan pecah bila sedang dikendarai.

Sedangkan Sonata yang bermasalah merupakan produksi 2011. Ada 133.075 unit ditarik dari peredaran karena mengalami kebocoran pada kontrol unit hidrolik di sistem rem. Ini bisa menyebabkan minyak rem berkurang, hingga membuat fungsi rem menjadi tidak optimal.

Terakhir Veracruz, ada 61.112 unit yang diproduksi 2007 sampai 2012. Kerusakan terjadi pada altenator, akibat bocornya gasket kepala silinder. Penggantian gasket dilakukan untuk mencegah kebocoran lebih lanjut, dan juga memeriksa serta mengganti bila terjadi kerusakan pada alternator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com