Hyundai "Recall" Sonata, Santa Fe dan Veracruz

Kompas.com - 03/08/2014, 11:00 WIB
Hyundai tarik tiga modelnya di AS AutoevolutionHyundai tarik tiga modelnya di AS
|
EditorAris F. Harvenda
Los Angeles, KompasOtomotif - Kampanye perbaikan massal (recall)) masih akrab dengan Hyundai. Kali ini, Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, mengumumkan bahwa produsen asal Korea Selatan tersebut akan melakukan recall pada tiga model secara terpisah.

Ada 419.000 unit di AS yang perlu diperbaiki. Tiga model yang kena recall adalah Santa Fe, Sonata dan Veracruz. Namun, tiga model ini mengalami masalah yang berbeda.

Untuk Santa Fe produksi 2001 hingga 2006 tercatat ada 225.000 unit Santa Fe yang harus diperbaiki. Terjadi korosi pada bagian suspensi depan, sehingga berpotensi menusuk ban yang bisa menyebabkan pecah bila sedang dikendarai.

Sedangkan Sonata yang bermasalah merupakan produksi 2011. Ada 133.075 unit ditarik dari peredaran karena mengalami kebocoran pada kontrol unit hidrolik di sistem rem. Ini bisa menyebabkan minyak rem berkurang, hingga membuat fungsi rem menjadi tidak optimal.

Terakhir Veracruz, ada 61.112 unit yang diproduksi 2007 sampai 2012. Kerusakan terjadi pada altenator, akibat bocornya gasket kepala silinder. Penggantian gasket dilakukan untuk mencegah kebocoran lebih lanjut, dan juga memeriksa serta mengganti bila terjadi kerusakan pada alternator.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X