Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 1,5 Bulan Meluncur, Mobil Ini Sudah Kena ”Recall”

Kompas.com - 16/07/2014, 14:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – Baru diperkenalkan 1,5 bulan, Hyundai Sonata keluaran 2015 kena recall. Terdapat masalah pada wiring harness (pengait kabel-kabel) yang ditengarai NHTSA berpotensi menyebabkan gagalnya fungsi transmisi.

Koneksi yang tidak baik pada wiring harness itu mengurangi fungsi steering assist pada sistem kemudi motor driven power steering (MDPS), atau pengembangan dari Electronic Power Steering). Ketika MDPS terganggu, tuas transmisi di posisi ”P” tidak bisa digerakkan alias macet.

Masalah pertama kali diketahui salah satu dealer ketika akan mengirimkan mobil ke konsumen. Tuas transmisi mobil tidak bisa digerakan sehingga mengalami penundaan pengiriman. Tidak dilaporkan adanya korban dan keluhan dari konsumen.

Hingga saat ini, banyak mobil terdampak masih tersimpan sebagai stok di dealer, menyebabkan Hyundai untuk sementara membatalkan rencana pengiriman.

Recall ini memang tidak menimpa banyak unit, hanya 2.080 Sonata bermesin 2.400cc 4-silinder yang di Amerika Serikat dan 58 unit di Karibia. Meski tidak banyak, perbaikan massal setelah launching cukup mencoreng nama Hyundai di daerah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com