F1 Musim 2016 Diprediksi Pakai Ban 18 Inci

Kompas.com - 15/07/2014, 12:24 WIB
Pirelli menyiapkan ban low profile 18 inci buat Formula 1. WorldcarfansPirelli menyiapkan ban low profile 18 inci buat Formula 1.
|
EditorAris F. Harvenda
Milan, KompasOtomotif - Produsen ban asal Italia, Pirelli, sebagai pemasok ban Formula 1, menyiapkan ban dengan profil tipis mulai 2016 mendatang. Pimpinan Pirelli, Paul Hembery menjelaskan, ban low profile untuk jet darat itu akan berukuran 18 inci.

Pirelli pekan lalu sudah melakukan tes pertama dari prototipe ban profil rendah 18 inci di Sirkuit Silverstone, Inggris. Hasil laporan menunjukkan, karet bundar 18 inci bisa digunakan di ajang F1, tapi butuh pengembangan yang sempurna.

Saat ini, standar lama menggunakan ban dengan ukuran 13 inci, dan sudah tertuang dalam bentuk regulasi balapan. Tapi penggunaan ban model lawas ini dinilai tidak sejalan dengan perkembangan teknologi modern dan sudut estetika mobil. Ini menjadi alasan penggunaan ban profil rendah yang sedang dipertimbangkan.

Hembery mengakui, bahwa menggunakan ban profil rendah adalah tantangan tersendiri buat timnya dalam melakukan pengembangan. Karena, saat ini desain ban 13 inci dirasa lebih tangguh dan memberikan handling yang lebih mudah.

"FIA sudah berbicara tentang musim 2017. Saya pikir keputusan soal ban akan dikeluarkan tahun ini. Sekarang adalah kerangka waktu yang realistis, dan kami akan mencoba pengembangan ban profil tipis, yang sudah bisa diterapkan pada 2016," jelas Hembery seperti ditulis f1news, Selasa (15/7/2014).

Hembery melanjutkan, proses perancangan ban 18 atau 19 inci akan dilakukan dengan mobil balap GP2. Tapi, diakui akan banyak penelitian tambahan sebelum benar-benar siap dipakai mobil balap kecepatan ultra seperti F1.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X