Kompas.com - 13/07/2014, 15:18 WIB
Hasil survei menunjukkan 33 persen responden menempatkan Obama di tempat terbawah dalam daftar 12 presiden sejak PD II. ReutersHasil survei menunjukkan 33 persen responden menempatkan Obama di tempat terbawah dalam daftar 12 presiden sejak PD II.
|
EditorAris F. Harvenda
Washington, KompasOtomotif - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumpulkan sejumlah perusahaan besar dan multi nasional, termasuk Toyota, Nissan, dan Honda ke Gedung Putih, Jumat (11/7/2014). Obama mendesak para pelaku industri mau menyokong perkembangan unit bisnis kecil (semacam Industri Kecil dan Menengah/IKM).

Presiden meminta bagi perusahaan yang sudah bekerjasama dengan IKM untuk mempercepat sistem pembayaran mereka dalam 15 hari. Percepatan pembayaran sangat penting bagi IKM karena mereka tergantung pada arus uang masuk dan tidak memiliki sumber modal yang kuat. Dengan sirkulasi uang, IKM juga bisa lebih cepat berkembang, investasi, dan menambah jumlah pekerja.

Bagi industri menengah, inisiatif ini mampu menjamin para pemasok di bawah mereka. "Mereka juga akan memperlihatkan bisnis yang sehat itu adalah sirkulasi pasokan yang baik," tulis pernyataan resmi yang dikeluarkan Gedung Putih seperti dilansir Automotive News (12/7/2014).

Wakil Presiden Honda Amerika Utara Rick Schostek, ikut dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam bersama Billy Vickers, CEO Modalar Assemblies Innovations, perusahaan pemasok komponen yang memperkerjakan 250 orang, berbasis di Ohio.

Honda menyatakan kalau sudah membantu perusahaan pemasok dalam berbagai hal di bidang manufaktur. Selain itu, juga sudah menawarkan pembayaran lebih cepat, membantu pembelian sub komponen mahal, hingga bantuan rancang bangun.

"Kami menyadari kalau perusahaan pemasok kecil sangat ketat dalam hal keuangan. Kendala ini bisa menghambat pertumbuhan, inovasi, dan efisiensi," beber Schostek.

Inisiatif
Inisiatif pada perusahaan pemasok merupakan salah satu program yang tengah digulirkan Pemerintah Pusat AS. Pemerintah menjanjikan akan membayar lebih cepat para perusahaan kontraktor pemenang tender proyek pemerintahan. Dengan syarat, jika mereka berkomitmen mempercepat pembayaran pada perusahaan lebih kecil yang memasok kebutuhan mereka.

Gedung Putih menyatakan, program ini mempengaruhi hingga 172.000 IKM di AS dan mengumpulkan investasi baru hingga 1 miliar dollar AS sejak digulirkan tiga tahun lalu. Kini, Obama mau memperbarui program ini, sekaligus menyampaikan inisiatif di sektor publik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X