Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2014, 12:16 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) sudah mengumumkan kampanye perbaikan massal terhadap belasan ribu Chevrolet Spin, terkait dua identifikasi potensi perbaikan. Katup ventilasi tangki bensin akan diganti agar tak bocor, sementara fusebox (rumah sekering) bakal diberi tambahan foam strip supaya tak mudah kemasukan air.

Meski demikian, Direktur Hubungan Masyarakat GM Indonesia Maria Sidabutar menjelaskan bahwa tidak semua Spin terkena imbas. ”Yang terdata adalah Spin periode produksi sebelum 7 Maret 2014. Jadi tidak semuanya,” ujarnya kepada KompasOtomotif, (1/7/2014).

Penggantian katup ventilasi pada sistem bahan bakar harus dilakukan pada 12.628 Spin bermesin bensin. Lalu, perbaikan pelindung fuse box di area mesin menimpa 11.294 unit, baik varian bermesin diesel maupun berbahan bakar bensin. Jumlah itu tergolong cukup banyak, atau bisa dibilang hampir semua Spin yang sudah beredar di jalanan Indonesia.

Pro aktif
Maria menjelaskan kembali, inilah langkah pro aktif perusahaan untuk kepuasan dan keselamatan konsumen. Awalnya perusahaan mendapat laporan terdapat gangguan dua komponen tersebut. Lalu dievaluasi dan dipertimbangkan untuk melakukan program perbaikan demi pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan.

”Karena kami merasa kepuasan dan keselamatan konsumen adalah penting. Ini sudah menjadi tugas kami sebagai produsen yang bertanggung jawab. Dan kami ingin dilihat langkah ini sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi,” tegas Maria.

Setelah ini, konsumen akan dikirimi surat resmi, dan tim GM Indonesia akan mengatur penjadwalan untuk proses perbaikan di dealer-dealer terdekat atau sesuai permintaan konsumen. Tidak ada tenggat waktu yang diberikan, namun GM Indonesia hanya mengatakan bakal mengatur proses ini agar berjalan lancar dan semua konsumen terlayani dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.