Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota i-Road Sambangi Eropa

Kompas.com - 02/07/2014, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Grenoble, KompasOtomotif - Setelah memulai program peminjaman i-Road di Jepang dua bulan lalu, kini Toyota memperluas lokasi pengujian ke Eropa. Kendaraan listrik untuk kalangan urban ini kini bisa dipinjam di Grenoble, Perancis, mulai tahun ini.

Grenoble, dikenal sebagai kota yang inovatif, memiliki taman sains “Presqu’île”. Sekaligus menjadi rumah bagi beberapa perusahaan ternama, seperti CEA dan ST Microelectronics. Kota ini juga terus berusaha mengubah citra dirinya sebagai salah satu "kota pintar". Memanfaatkan teknologi komunikasi dan ramah lingkungan, salah satunya sistem transportasi yang efisien.

Toyota baru saja memulai kolaborasi dengan perusahaan lokal, seperti EDF dan Citelib untuk menyiapkan 30 lokasi stasiun pengisian baterai di kota. Termasuk menyediakan 70 unit i-Road (3-roda) dan COMS (4-roda) untuk digunakan mulai musim semi tahun ini melalui program berbagi mobil (car-sharing program).

Toyota Toyota i-Road dan COMS.
Mekanisme
Lantas bagaimana sistem ini bergulir? Misalnya, Anda hidup di pinggiran kota dan mau berangkat ke kantor (di dalam kota). Tinggal bangun, naik kereta listrik (tram), sembari jalan buka aplikasi di ponsel pintar untuk memesan sekaligus membayar i-Road di mana pun Anda turun.

Toyota juga menyiapkan aplikasi pendukung lain yang menginformasikan kondisi lalu lintas jalan, sehingga bisa tahu rute mana yang harus di lalui tanpa terjebak macet. Setelah selesai menyewa, tinggalkan i-Road atau COMS di lokasi parkir khusus dan colokkan kabel charger baterai untuk digunakan penyewa lain.

Makin menarik, Toyota menjamin biaya penyewaan kendaraan ini akan lebih murah ketimbang Anda menggunakan mobil pribadi ke tengah kota. Selain itu, dengan desainnya yang kompak, membantu mengurangi kepadatan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com