Ini Alasan Nissan Bekukan Elgrand 3.5 L

Kompas.com - 01/07/2014, 20:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Nissan Motor Indonesia (NMI) baru saja melansir All-New Elgrand Highway Star 2.5 L, yang ditujukan buat konsumen pengguna kendaraan multi guna (MPV) premium di Indonesia.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Elgrand terbaru ini hanya akan diisi dengan satu tipe jenis mesin yakni 2,5 liter, tanpa menghadirkan model mesin 3,5 liter. NMI menjelaskan, saat ini konsumen kendaraan mewah di Indonesia lebih cenderung memilih mesin 2,5 liter.

Selain itu, terkait peraturan pemerintah menaikkan pajak kendaraan mobil berkapasitas mesin 3,5 liter ke atas, Nissan memprediksi akan adanya perubahan tren MPV premium di Indonesia.

“Kami yakin bahwa mesin 2.5L akan menjadi model mainstream dalam segmen ini. Karenanya, kami akan memproduksi  banyak model dengan mesin 2.5L mulai saat ini,” jelas Yoshiya Horigome, Vice President Director NMI dalam keterangan persnya, Selasa (1/7/2014).

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI menambahkan, sebenarnya pajak tinggi buat mobil bermesin 3,5 liter bukanlah alasan utama. Tapi, Nissan melihat kecenderungan konsumen memilih Elgrand 2.5 daripada model 3.5 L.

"Konsumen sekarang lebih memilih kendaraan 2,5 liter, karena spesifikasi yang ada sudah dianggap memadai termasuk performa mesin. Fenomena ini sama dengan model sedan kelas menengah atau D segment, pada model itu yang paling laris 2,5 liter," beber Budi kepada KompasOtomotif.

Dilanjutkan, pasar premium otomotif Tanah Air saat ini memang tidak sedang berpihak pada mobil dengan kapasitas di atas 3,0 liter. Ini sekaligus menegaskan pernyataan Horigome di atas, bahwa Nissan akan fokus pada model dengan mesin 2,5 liter bukan 3,0 liter ke atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.