Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Karakter Nissan X-Trail Terbaru Langsung di Negara Asalnya

Kompas.com - 30/06/2014, 14:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Fukuoka, KompasOtomotif
– PT Nissan Motor Indonesia (NMI) segera merilis All-New X-Trail paling lambat di IIMS 2014, September mendatang. Sebelumnya, KompasOtomotif dan beberapa media lain dari Indonesia, Filipina, Hong Kong, dan Thailand, diberi kesempatan merasakan sensasi baru terlebih dahulu di Fukuoka, Jepang, 15-19 Juni 2014 lalu.

Pengetesan dilakukan dari Fukuoka menuju Sirkuit Autopolis, lalu menikmati liukan jalan Pegunungan Aso, Jepang. Sebelum menggebernya di trek, nuansa kabin dan fitur perlu diamati lebih dulu. Nissan menjejalkan banyak fitur baru untuk menambah kenyamanan.

Seperti yang dikatakan Kimihiro Kusayanagi, Manager Product Planning Department Product Strategy Nissan Motor Co Ltd, garis pengembangan X-Trail generasi ke-3 ini adalah di sisi kenyamanan. Mulai dari performa mesin hingga kelengkapan berkendara melalui fitur-fitur yang memudahkan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Nuansa dashboard modern dan elegan, sama seperti tampang eksterior.

Eksplorasi awal
Duduk di kabin, kesannya luas, visibilitas sangat baik. Kenyamanan duduk sudah KompasOtomotif bahas dalam artikel sebelumnya, bahkan sampai duduk di baris ke-3. Sama seperti desain eksterior yang meninggalkan kesan ekstrem, nuansa kabin juga lebih ”sopan” dan mewah. Beberapa sudut dihiasi lapisan aluminium, tidak banyak tombol, dilengkapi monitor pada dashboard.

Mengutak-atik head unit berbahasa Jepang cukup sulit, dibantu pemandu dari Nissan, akhirnya KompasOtomotif menemukan fitur kamera 360 derajat. Ini membantu pengemudi mengawasi kondisi sekeliling mobil ketika akan parkir. Kondisi sekitar akan ditampilkan dalam monitor.

Dijelaskan sebelum tes, fitur yang memanjakan lainnya adalah membuka pintu belakang (bagasi) tak perlu memencet tombol. Terdapat sensor di pintu belakang, cukup didekati dengan tangan untuk membuka pintu. Hal tersebut memudahkan konsumen yang sedang membawa banyak barang dan ingin membuka bagasi.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Deretan Nissan All-New X-Trail menuju Sirkuit Autopolis.

Performa mesin
Versi yang kami jajal adalah mesin bensin 2.000cc yang diklaim bertenaga 147 PS dan torsi 207 Nm. Ketika dinyalakan, suaranya nyaris tak terdengar. Kabin lebih kedap ketimbang versi lawas. Bahkan getaran hampir tidak terasa.

Ketika mulai digeber, sensasi awal tidak cukup responsif. Pengemudi harus bersabar karena ternyata ada perubahan karakter generasi baru ini, jadi lebih halus. Tenaga besar, tapi diperoleh dengan cara perlahan. Dijelaskan Kusayanagi San, ini bukan kelemahan, justru pengembangan untuk mendapatkan pengendaraan halus dikombinasi CVT, yang tanpa terasa memindah gigi-gigi dengan tidak berisik.

”Yang dibutuhkan dalam SUV adalah kenyamanan dan keamanan. Torsi besarnya sudah lebih dari cukup untuk mendorong mobil di berbagai kondisi jalan,” tegas Kusayanagi.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Jalanan perbukitan dilibas dengan mudah dan aman.

Stabil dan aman
Saat berkecepatan tinggi di area sirkuit, KompasOtomotif penasaran dengan fitur-fitur kestabilan yang dijelaskan Kusayanagi dalam presentasi sebelum tes. Dikatakan, terdapat aneka ”pengaman” agar mobil tetap melaju ”on track”.

Electronic Stability Program, Active Ride Control, Active Engine Brake, sampai Cornering Stability Assist, benar-benar menjadi asisten pengemudi. Setir menjadi sangat ringan ketika bermanuver. Saat posisi mobil tidak normal alias terdapat gejala selip atau melintir, dengan cerdas sistem elektronik tersebut membantu mengembalikan posisi mobil dalam keadaan stabil kembali.

Saat keluar dari sirkuit dan mulai melaju di daerah pegunungan, fitur pengaman lain bekerja. Misalnya, saat mobil keluar jalur, Lane Departure Warning akan dengan cerewet mengingatkan pengemudi lewat bunyi-bunyian. Begitu juga saat memperingatkan pengemudi adanya objek tak terlihat dalam blind spot (Blind Spot Warning).

Kesimpulan
Meski sudah kehilangan karakter galak dari tampang yang sudah mainstream, Nissan dengan cerdas melengkapinya dengan aneka fitur pendukung kenyamanan. Karakter baru mobil ini yang nyaman dan halus mendukung kegiatan sehari-hari dan melibas aneka rupa jalan.

Pilihan jok dengan adanya baris ke-3 membuat nilai SUV ini semakin tinggi di mata konsumen Indonesia. Harga sudah dijelaskan NMI akan sangat kompetitif dengan banjir fitur yang tak dimiliki kompetitor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com