Fitur untuk Penumpang Berkebutuhan Khusus dari Autech

Kompas.com - 20/06/2014, 23:45 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Chigasaki City, KompasOtomotif – Autech Japan Inc tak cuma memberikan performa dan penampilan lebih galak untuk mobil-mobil Nissan. Perusahaan independen di bawah naungan grup Nissan itu juga menyediakan kemudahan akses untuk penumpang dengan kebutuhan khusus, misalnya penyandang cacat dan manula yang dipasang pada beberapa model.

Menurut Takaaki Oaku, Senior Vice President Autech Japan Inc, hal tersebut sejalan dengan visi Autech untuk menghadirkan mobil yang lebih personal. ”Kami ingin agar mobil-mobil Nissan bisa dinikmati semua orang tanpa kecuali. Di Jepang, kebutuhan untuk para penyandang cacat dan manula cukup besar dan naik dari tahun ke tahun,” terangnya.

Dalam tiga misi yang sudah dijabarkan melalui artikel sebelumnya, KompasOtomotif salah satu yang cukup menarik adalah mobil-mobil untuk penyandang cacat dan manula yang dimasukkan dalam kategori Life-care Vehicle atau LV. Ada empat jenis kreasi Autech yang bisa dipasang untuk beberapa model.

Pertama, Power Slide-Up Seat. Ini adalah kursi khusus yang bisa turun atau keluar dari mobil dan berposisi lebih rendah demi memudahkan akses penyandang cacat/manula masuk mobil. Kursi khusus itu punya sistem sedemikian rupa hingga bodi bawah mobil harus dibongkar untuk memasangnya.

Donny Apriliananda Autech juga menyediakan akses untuk pengguna kursi roda. Foto diambil dengan peraga.

Selain bisa dipasang di deret bangku belakang, jok khusus ini juga bisa diletakkan di depan sesuai permintaan. PT Nissan Motor Indonesia sudah pernah memamerkan kursi khusus ini pada IIMS 2013 silam pada Serena.

Yang kedua, ada Chair Cab yang akan dengan mudah menaikkan pengguna kursi roda pada mobil. Papan tambahan akan keluar dari mobil dengan ikatan khusus untuk membuat kursi roda dan penumpangnya naik sampai aman di dalam. Dalam presentasi, jenis ini mendapat permintaan paling banyak di dunia.

Ketiga, ada Driving Helper, sistem axle-by-wire yang memudahkan penyandang cacat atau pengguna kursi roda untuk mengemudi. Pedal gas dan rem dipindahkan ke alat khusus yang bisa dimaju-mundurkan untuk akselerasi maupun deselerasi.

Keempat, ada Long Slide Step, pijakan khusus lebih rendah yang muncul di bawah pintu, agar manula bisa masuk mobil dengan lebih aman. Pijakan ini dikendalikan secara elektronik untuk keluar-masuk, yang otomatis beroperasi setelah pintu dibuka atau ditutup. Pijakan kaki ini juga bisa diakses untuk pengguna di baris depan atau pun belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.