Porsche Indonesia Hadirkan Mobil Sport "Berjubah" SUV Kompak

Kompas.com - 05/06/2014, 16:32 WIB
Porsche Macan Turbo mendarat di Indonesia Febri Ardani SaragihPorsche Macan Turbo mendarat di Indonesia
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - SUV kompak dengan nama kental Indonesia, Macan, resmi meluncur di Indonesia. Peluncuran berlangsung di Potato Head Garade, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (5/6/2014).

Christoph Choi, GM Eurokars Artha Utama (Porshce Indonesia), mengatakan, banyak anggapan Porsche bukan lagi brand yang kental dengan kata "sport", setelah melahirkan SUV Cayanne dan sedan berkarakter touring, Panamera.

"Tapi semua orang yang pernah mengemudikannya pasti mengatakan itu mobil Porsche. Dengan Macan, kita kembali membuka segmen baru, kita tidak pernah berhenti memproduksi mobil sport," katanya saat peluncuran.

Macan hadir mengisi kelas di bawah Cayanne. Porshce Indonesia mengklaim, Macan adalah satu-satunya mobil sport dalam wujud SUV kompak 5-pintu. Macan bertenaga beringas seperti binatang macan, karakternya kuat namun dilengkapi semua kemampuan buat dipakai harian.

Tiga varian
Ditawarkan tiga pilihan, Macan, bermesin 4-silinder, 2.0L, tenaga 237 PS, dan 350 Nm. Ada Macan S dengan spek V6, 3.0L, berdaya 340 PS, dan 460 Nm. Terakhir Macan Turbo, dengan jantung pacu V6, 3.6L, 400 PS dan 550 Nm. Seluruh tipe dilengkapi transmisi 7-percepatan Doppelkupplung (PDK).

Untuk tampang mewarisi ciri khas bahasa desain Porsche. Lampu depan dilengkapi Bi-Xenon Porsche Dynamics Lights System, arah sinar lampu mengikuti gerakan setir.

Bahan bodi alumunium, khusus untuk kap mesin sengaja dibuat berongga sebagai perlindungan buat pejalan kaki bila terjadi tumbukan. Di semua varian dilengkapi suspensi udara dengan tiga pilihan ketinggian. Untuk gengsi ada Panoramic-Sunroof dan pelek 21 inci bertapak lebar. Di belakang, lampu mengusung desain 3 dimensi, aplikasinya diambil dari 918 Spyder.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk kenyamanan pengemudi, setir dilengkapi paddle shift dengan berbagai tombol multifungsi. Ada 14 setelan jok pengemudi. Plus, pengaturan iklim dari AC 3 zone.

Harga
Choi enggan membeberkan soal harga. Alasannya, setiap mobil punya kedekatan dengan konsumen. Jadi setiap pembelinya punya permintaan khusus yang berpengaruh terhadap banderol. Namun bisa dipastikan, harga standar Macan lebih dari Rp 1 miliar.

Target penjualan, 150 unit sepanjang tahun 2014. Namun, selama 6 bulan hingga tutup tahun, Porsche Indonesia berharap bisa melego 100 unit Macan.

Setir kiri
Hingga saat diluncurkan, varian paling rendah, Macan 2.0 L, belum datang ke Indonesia. Choi mengatakan, jatah unit dengan spesifikasi setir kanan belum sampai ke dalam negeri. Kemungkinan besar baru ada pada September nanti.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.