Wejangan Teknik Mengendarai Sepeda Motor Sport buat Komunitas

Kompas.com - 03/06/2014, 09:01 WIB
Yamaha dan komunitas Yamaha Revs CBU Indonesia mengadakan pelatihan mengendarai sepeda motor sport dan CBU. YIMMYamaha dan komunitas Yamaha Revs CBU Indonesia mengadakan pelatihan mengendarai sepeda motor sport dan CBU.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin banyak pengguna sepeda motor sport membuat komunitas, Yamaha Revs CBU (YRC) Indonesia, merasa perlu mengadakan edukasi para penggunanya. Filosofi yang ditanamkan adalah banyak yang bisa membeli, tetapi jarang yang mengerti bagaimana mengendarainya dengan benar.

Itulah kenapa, YRC yang bekerjasama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengadakan pelatihan defensive riding menggunakan sepeda motor sport, CBU, dan sejenisnya. Pelatihan dilakukan di Lapangan Parkir Pacuan Kuda, Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (31/5/2014). Sepeda motor yang digunakan sebagai latihan meliputi Yamaha R25, R15, R6, bahkan T-Max.

Lebih dari 30 konsumen sport dan CBU Yamaha ikut dalam program ini, yang mendapat teori dan arahan praktik langsung dari instruktur YIMM. ”Kegiatan ini untuk mengukur kemampuan masing-masing member dan mengetahui cara mengendalikan sepeda motor ukuran besar, bukan seberapa kencang dia mengendarai motornya,” ujar Sjahroedin Fatulyakin, Ketua YRC Indonesia.

YIMM Banyak yang bisa membeli, tapi tidak banyak yang menguasai.

Teknis defensive riding yang diajarkan:
1. Lakukan pengecekan sepeda motor sebelum berkendara (peserta diajarkan bagaimana cara melakukan pengecekan standar sepeda motor sebelum berkendara).
2. Cara mengendalikan sepeda motor, misalnya teknik mendorong, mengangkat saat terjatuh, dan memundurkannya.
3. Postur berkendara. Banyak yang harus dipahami, seperti pandangan mata, posisi lengan, posisi kaki, dan lainnya.
4. Slalom dan full lock circle. Di sini peserta diajarkan cara mengontrol bukaan gas secara halus saat berbelok.
5. Weaving balance and side winder. Ini adalah teknik keseimbangan saat berkendara, bagaimana mengatasi guncangan atau pun mengendalikan sepeda motor ketika diterpa angin.
6. Trykhana. Meliuk di trek khusus dengan materi meliputi penggunaan gir, teknik berbelok, mengerem dan membuka gas. Peserta diberikan kesempatan mengendarai sepeda motor satu kali pemanasan dan dua kali putaran.

YIMM sendiri memberi sambutan positif atas inisiatif anggota YRC Indonesia ini dan merespons dengan dukungan kepelatihan. ”Konsumen Indonesia belum tahu sepenuhnya mengenai safety riding khususnya sepeda motor berukuran besar. Kami sudah meluncurkan R15 dan R25, dan selanjutnya kami segera memberikan edukasi keselematan berkendara untuk pemiliknya,” tukas Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development YIMM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.