Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Setiap Tahun Latih 90.000 Orang untuk "Safety Riding"

Kompas.com - 15/04/2014, 19:29 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku terus menjaga konsistensinya mengedukasi masyarakat, dalam hal keterampilan berkendara sepeda motor. Setiap tahun tidak kurang dari puluhan ribu konsumen ikut pelatihan, untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara, dalam hal ini sepeda motor.

Edukasi dan sosialisasi dilakukan dengan konsep ART Riding (Attitude, Responsible, Tactics). Metode ini sangat komprehensif, yang berupa edukasi pengetahuan lalu lintas hingga etika dan teknik berkendara yang aman.

"Kami memiliki 150 instruktur safety riding terlatih yang tersebar di seluruh Indonesia. Keahlian mereka setiap tahun juga dikalibrasi melalui kompetisi safety riding bertaraf regional, rutin," ujar Ahmad Muhibbuddin, Wakil GM Komunikasi Korporasi AHM, di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (15/4/2014).

Masyarakat umum
Melalui jaringan penyalur utama di kota-kota besar Indonesia, AHM juga kerap menyelenggarakan pelatihan safety riding ke kantor-kantor dan kelompok masyarakat umum. Pesertanya diklaim mencapai sekitar 90.000 orang di seluruh Indonesia.

Dalam hal eduksi, AHM juga bekerja sama dengan dinas pendidikan untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran etika berlalu lintas bagi siswa SMA/SMK dan SMP di 22 provinsi. "Kami juga aktif berusaha melatih instruktur safety riding dari komunitas dan klub Honda yang diharapkan jadi ambasador keselamatan berkendara di antara anggota komunitas atau klub lainnya," lanjut pria yang akrab dipanggil Muhib ini.

Upaya ini menjadi wujud kontribusi nyata dan tanggung jawab sosial AHM terhadap konsumen dan masyarakat pada umumnya. "Sesungguhnya sebagai alat transportasi, sepeda motor bisa digunakan secara aman dan nyaman, jika dibarengi dengan dukungan teknik dan etika berkendara yang baik dari penggunanya, sesuai prinsip kami 'no sales without safety'," tutup Muhib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com