Posisi Tangki Bermasalah H-D "Recall" Breakout

Kompas.com - 27/04/2014, 12:54 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Milwaukee, KompasOtomotif – Pengumuman resmi akhirnya dilontarkan National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) berkaitan dengan recall Harley-Davidson Breakout, (25/4/2014). Hal ini dilakukan setelah minggu lalu Transport Canada mengumumkan penarikan kembali 884 unit model yang masuk di keluarga softail tersebut, diikuti lembaga keselamatan di Australia dengan jumlah 1.722 unit.

Dijelaskan sebelumnya, indikator/meteran bensin ngaco. Tertera di panel masih ada bahan bakar tersisa, padahal di tangki sudah kosong. Hal ini sangat membahayakan, karena pengendara akan mengira masih punya sisa bahan bakar, dan rawan kehabisan bensin di tengah perjalanan.

Nah, dari rilis yang dikeluarkan NHTSA, hal ini diakibatkan posisi tangki tiga derajat lebih ke depan karena suspensi. Pelampung di tangki, yang menjadi alat untuk mengukur sisa bahan bakar, tidak bisa menyesuaikan dengan angle posisi tangki yang berbeda. Intinya, pelampung tidak salah, karena membaca sisa bahan bakar berdasarkan apa yang diterima.

Gejala pertama terindikasi pada Januari, ketika sepeda motor tes kehabisan bensin. Setelah itu, beberapa laporan masuk terkait masalah yang sama, termasuk klaim garansi berjumlah 17 pemilik Breakout (termasuk model CVO). Tidak dilaporkan adanya kecelakaan karena masalah ini.

Solusinya, semua dealer Harley-Davidson diwajibkan memasang peranti lunak baru untuk mengalibrasi ulang sensor bahan bakar agar bisa menyesuaikan dengan angle tangki yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.