Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamilton Juara F1 Malaysia, Vettel Naik Podium

Kompas.com - 30/03/2014, 17:29 WIB
Sepang, KompasOtomotif - Lewis Hamilton akhirnya menjuarai F1 Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (30/3/2014). Raihan gemilang dengan menduduki posisi terdepan saat kualifikasi dilanjutkan saat balapan. Nico Rosberg sebagi rekan setim Hamilton juga meraih sukses dengan menempati peringkat 2. Sebastian Vettel sudah mulai menunjukkan taji dengan mulai naik podium ketiga.

Selama pertandingan Hamilton mendominasi mulai lampu merah padam. Bahkan di tikungan pertama dirinya langsung melesat diikuti Rosberg yang "menjaga" dari gempuran duo Red Bull, Ricciardo dan Vettel yang berada di posisi ketiga dan keempat. Hamilton langsung berusaha menjauh dan melesat secepat mungkin.

Apes dialami Raikkonen karena harus masuk pit pada lap-lap awal, karena ada gangguan pada ban belakang. "Saya tidak tahu apa yang terjadi pada ban, rasanya saya tidak menabrak apapun," ujar Raikkonen lewat radio. Dugaan awal tim hal tersebut karena terkena pecahan atau puing yang tercecer. Setelah dilihat rekaman ternyata akibat disenggol Magnussen. Raikkonen pun harus puas melorot ke posisi 20 dari 7.

Proses penggantian ban pertama membuat posisi Vettel naik ketiga. Sementara duo Mercedes tetap memimpin di depan, Hamilton pertama dan Rosberg kedua. Posisi terdepan terus bertsahan hingga pit stop kedua.

Usai pitstop kedua, jarak Rosberg dan Vettel di posisi kedua dan ketiga jadi berdekatan. Vettel berusaha menempel Rosberg dan berupa mencari celah kesalahan. Kondisi serupa juga terjadi di posisi 4 dan 5 antara Ricciardo dan Alonso.

Apes dialami Ricciardo, di lap 41 harus melorot jauh ke posisi ke-14 karena ada kesalahan pada pitstop ketiga. Proses penggantian ban depan kiri tidak sempurna. Sementara Ricciardo sudah terlanjur jalan dan berhenti dan terpaksa didorong mundur kembali ke pit. Baru menggeber 1 putaran, wing depan sebelah kanan rusak dan harus masuk pit kembali. Posisi kembali turun jadi keenambelas. Akhirnya di lap 52 dirinya harus berhenti karena ada masalah teknis.

Perseteruan kembali terjadi pada lap 53 antara Hulkenberg dan Alonso untuk memperebutkan tempat keempat. Aksi susul menyusul terjadi sejak di tikungan pertama, dan Alonso akhirnya berhasil mendahului dan bertengger di posisi keempat. Sementara di posisi terdepan ada Hamilton, Rosberg dan Vettel hinga bendera finish dikibarkan.

Pos Driver                Team                    Time/Gap
 1. Lewis Hamilton        Mercedes                1m40m25.974s
 2. Nico Rosberg          Mercedes                +17.313s
 3. Sebastian Vettel      Red Bull-Renault        +24.534s
 4. Fernando Alonso       Ferrari                 +35.992s
 5. Nico Hulkenberg       Force India-Mercedes    +47.199s
 6. Jenson Button         McLaren-Mercedes        +1m23.691s
 7. Felipe Massa          Williams-Mercedes       +1m25.076s
 8. Valtteri Bottas       Williams-Mercedes       +1m25.537s
 9. Kevin Magnussen       McLaren-Mercedes        +1 lap
10. Daniil Kvyat          Toro Rosso-Renault      +1 lap
11. Romain Grosjean       Lotus-Renault           +1 lap
12. Kimi Raikkonen        Ferrari                 +1 lap
13. Kamui Kobayashi       Caterham-Renault        +1 lap
14. Marcus Ericsson       Caterham-Renault        +2 laps
15. Max Chilton           Marussia-Ferrari        +2 laps
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com